Yang bukan merupakan fungsi air bagi manusia adalah

Lihat Foto

freepik.com

Ilustrasi manfaat air bagi tanaman

KOMPAS.com – Air sangat bermanfaat bagi manusia, hewan, dan tanaman. Walaupun manfaat yang didapat antara manusia, hewan, dan tanaman berbeda.

Seluruh makhluk hidup membutuhkan air sebagai sumber kehidupan. Manusia, hewan, dan tanaman tidak dapat bertahan hidup jika tidak mengonsumsi atau diberi air.

Manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman

Dalam jurnal Pengukur Tingkat Kekeruhan Keasaman dan Suhu Air menggunakan Mikrokontroler Atmega328p Berbasis Android (2018) oleh Andre Prayoga, dkk, disebutkan bahwa air sangat bermanfaat bagi aktivitas manusia, seperti minum, masak, dan mencuci.

Sementara itu, bagi tanaman, air juga sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup mereka. Dikutip dari buku Menyelidiki Air dan Manfaatnya (2007) karya Kemala Dewi, tanaman membutuhkan air untuk membuat makanannya sendiri.

Tanaman mengambil air dari tanah melalui akar yang dimilikinya. Setelah itu, air dialirkan ke seluruh tubuh, dan digunakan untuk melakukan fotosintesis atau proses pembuatan makanan.

Baca juga: Air Tanah: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya

Dilansir dari situs Sciencing, hewan membutuhkan air untuk mempertahankan hidupnya. Sama seperti manusia, beberapa organ penting yang dimiliki hewan juga memerlukan air untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Tuliskan manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman!

Berikut manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman:

Manfaat air bagi manusia, yaitu:

  1. Untuk memasak, makan, dan minum.
  2. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia, seperti mandi dan mencuci.
  3. Untuk mengairi sawah atau kegiatan pertanian dan perkebunan.
  4. Untuk kegiatan transportasi, seperti kapal dan perahu.
  5. Untuk keperluan perdagangan, seperti restoran serta hotel, dan industri, seperti pabrik.

Berikut manfaat air bagi hewan, seperti:

  1. Untuk makan dan minum.
  2. Air merupakan habitat hidup untuk beberapa hewan, baik di sungai ataupun laut. Contohnya ikan.
  3. Untuk menjaga suhu tubuh hewan.
  4. Air bermanfaat untuk mengatur tekanan darah pada hewan.
  5. Air membantu hewan untuk memproduksi susu.

Baca juga: Siklus Air: Pendek, Sedang, dan Panjang

Manfaat air bagi tanaman adalah:

  1. Untuk membantu proses fotosintesis atau pembuatan makanan.
  2. Air merupakan sumber kehidupan bagi tanaman.
  3. Air membantu proses pergerakan pada tanaman.
  4. Untuk mengangkut zat hara serta nutrisi dari tanah.
  5. Untuk mendorong proses respirasi pada tanaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lihat Foto

freepik

Manfaat air bagi manusia

KOMPAS.com – Air adalah bagian terpenting bagi kebutuhan manusia. Manusia sangat bergantung pada air, tanah, dan udara.

Udara merupakan sumber oksigen bagi metabolisme tubuh manusia. Sedangkan tanah, berfungsi sebagai tempat berpijak serta tempat tumbuhnya tanaman sebagai sumber makanan manusia.

Sebesar tiga perempat bagian tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, tidak ada manusia yang bertahan lebih dari 4 hari tanpa meminum air.

Manfaat air bagi manusia

Berikut adalah manfaat air bagi manusia.

1. Keperluan konsumsi

Manusia harus meminum air sebanyak 2 sampai 2,5 liter air untuk mencukupi kebutuhan harian. Selain untuk air minum, air juga diperlukan saat proses memasak.

2. Keperluan rumah tangga

Berbagai kegiatan rumah tangga juga memerlukan air. Beberapa kegiatannya adalah mandi, mencuci baju, mencuci piring, dan mengepel rumah.

3. Keperluan umum

Dalam kegiatan sosial, manusia juga memerlukan air untuk lingkungannya. Misalnya untuk membersihkan sarana umum, hiasan kota, dan tempat rekreasi.

Baca juga: 10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan, Mengatur Suhu Tubuh hingga Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi air putih. ©Pixabay/Baudolino

JABAR | 3 Februari 2021 15:04 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com – Sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari cairan, yang mana air di dalam tubuh membentuk sekitar 50-60% dari total berat badan. Air di dalam tubuh memiliki fungsi penting di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lainnya.

Kurangnya konsumsi cairan bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan serta membuat beban kerja tubuh menjadi lebih berat. Dehidrasi sendiri adalah kehilangan cairan tubuh yang berlebihan karena penggantian cairan yang tidak cukup akibat asupan yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan terjadi peningkatan pengeluaran air.

Jika tubuh kekurangan asupan air, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsi tubuh jadi terganggu, bahkan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya salah satunya dehidrasi. Kendati demikian, masih banyak yang abai dengan fungsi air bagi tubuh manusia.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 7 fungsi air bagi tubuh manusia, pelarut zat gizi hingga cegah konstipasi telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 8 halaman

Fungsi air bagi tubuh manusia yang pertama adalah sebagai pelarut zat gizi dan membawanya ke seluruh bagian tubuh. Secara teknis, zat gizi tersebut akan dibawa darah. Sedangkan darah sendiri hampir 80 persen lebih komponennya berupa air. Maka dari itu, bisa dibayangkan jika seseorang mengalami kekurangan air, maka bisa dipastikan proses membawa nutrisi ke seluruh organ tubuh jadi sangat terganggu.

3 dari 8 halaman

Manfaat air bagi tubuh manusia berikutnya adalah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dalam hal ini darah di dalam tubuh, tak hanya berfungsi membawa nutrisi, melainkan juga menyalurkan oksigen serta zat besi ke berbagai jaringan tubuh.

Apabila kekurangan asupan cairan, maka proses transfer oksigen bisa sangat terhambat. Maka dari itu sangat tidak heran, apabila banyak orang yang mengalami pusing ketika dehidrasi.

Mengingat pentingnya fungsi air bagi tubuh, maka pastikan kebutuhan air harian kamu terpenuhi. Pada wanita dewasa membutuhkan 1,8 liter atau setara dengan 7 gelas air per hari. Sedangkan pria dewasa membutuhkan 2 liter atau setara dengan 8 gelas air per hari.

4 dari 8 halaman

Fungsi air bagi tubuh manusia lainnya adalah melembapkan mukosa, tepatnya pada bagian mulut, hidung, serta mata. Perlu kamu ketahui bahwa ketika sedang bernapas, terdapat kandungan air dalam udara.

Itulah mengapa, tidak heran jika pada area dalam hidung akan basah. Serta bagian mulut normalnya juga akan basah, sebab ada air liurnya. Maka, juga tidak mengherankan apabila saat sedang puasa, bagian mukosa di mulut akan terasa kering.

5 dari 8 halaman

Berikutnya, fungsi air bagi tubuh manusia bisa menenangkan sistem saraf pusat dalam tubuh manusia. Fungsi air bagi tubuh manusia ini sangat berguna bagi penderita masalah sendi serta pegal linu.

Akan tetapi, sebagai catatan ada baiknya untuk mengonsumsi air hangat. Pasalnya, hangat yang ditimbulkan bisa memberi sensasi relaks. Jadi tidak heran juga, apabila air hangat, banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri akibat kram serta ketegangan otot perut.

6 dari 8 halaman

Selain masalah kekurangan serat, masalah konstipasi juga erat kaitannya dengan fungsi air bagi tubuh manusia yang berperan dalam proses pencernaan. Pasalnya, sebelum dibuang menjadi kotoran, air akan diabsorbsi oleh tubuh.

Sehingga, jika kamu kurang minum, kemampuan absorbsi di dalam tubuh terutama bagian usus besar juga akan berkurang. Hal ini tentu akan berakibat pada konsistensi kotoran yang juga akan jadi lebih keras serta semakin sulit untuk BAB.

7 dari 8 halaman

Darah memiliki fungsi membawa air, membuang sisa metabolisme, serta membantu proses biokimia. Proses biokimia di dalam tubuh manusia berguna untuk mencerna karbohidrat, protein, lemak.

Seluruh hal tersebut membutuhkan air sebagai buffer. Sebab, tanpa adanya bantuan air, maka tubuh tidak dapat memetabolisme zat-zat tersebut. Lantas apa dampaknya? Tentu saja hal tersebut bisa mengganggu kerja dari metabolisme pada tubuh, dan tentu saja hal ini bisa menimbulkan banyak masalah.

8 dari 8 halaman

Selanjutnya fungsi air bagi tubuh manusia yaitu berguna untuk melindungi organ dan jaringan dalam tubuh. Pasalnya, beragam sel-sel di dalam tubuh manusia semuanya adalah air. Maka sangat penting untuk menjaga asupan air agar selalu tercukupi.

(mdk/nof)

Leave a Comment