Uraikan cara yang dapat digunakan untuk menyambungkan agar menghasilkan sambungan yang kuat dan baik

Sering kita jumpai pada tanaman kakao petani memiliki produktivitas rendah. Selain disebabkan oleh gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), hal tersebut dapat disebabkan karena penggunaan bibit asalan yang tidak jelas asal-usulnya, sehingga bila dibiarkan secara terus menerus, maka jelas akan merugikan petani. Guna meningkatkan hasil produksi kakao, maka petani dapat melakukan strategi melalui perbanyakan tanaman kakao baik secara generatif maupun vegetatif. Secara generatif, dapat dilakukan dengan cara menyemaikan biji kakao pada polibag yang dinilai lebih praktis oleh petani karena benih dapat disimpan dalam waktu yang lama, tanaman berdiri kokoh karena memiliki akar tunjang dan pengiriman benih lebih mudah. Kelemahan dengan teknik ini, sifat tanaman belum tentu seragam dan bisa saja berbeda dengan induknya.

Pada tulisan kali ini, kita akan belajar tentang teknik perbanyakan vegetatif yaitu sambung pucuk dan sambung samping. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi kakao dengan memanfaatkan tanaman yang sudah ada.

Teknik sambung pucuk dilakukan dengan cara menggabungkan batang atas dan batang bawah. Batang bawah diharapkan menjadi batang yang tahan terhadap patogen tanah dan kokoh, sedangkan batang atas merupakan bagian yang memiliki karakter produksi yang diinginkan. Batang bawah ini biasanya menggunakan tanaman yang berasal dari biji sehingga memiliki perakaran yang kuat. Perpaduan dari bagian tanaman yang disatukan tersebut diharapkan akan menghasilkan  tanaman jenis baru dengan sifat genetis yang memiliki keunggulan, yaitu kokoh, perakaran kuat, cepat berbuah, produktif, tahan penyakit dan mutu buah baik sesuai dengan sifat genetis induknya .

Teknik sambung pucuk dilakukan dengan membuat celah pada batang bawah dan dimasukkan batang atas (entres) yang memiliki paling tidak 3 mata tunas. Entres ini diambil dari cabang/ranting yang berasal dari tanaman lain yang memiliki keunggulan genetis. Batang bawah yang siap disambung biasanya berukuran 0,6 cm atau lebih.

Cara melakukan teknik sambung pucuk yaitu:

  1. Siapkan alat dan bahan berupa batang bawah, batang atas, plastik es, tali rafia, gunting pangkas  dan pisau okulasi yang tajam;
  2. Pilih batang bawah yang diameternya sama dengan batang atas (entres);
  3. Potong batang bawah setinggi ±20-30 cm dari permukaan tanah;
  4. Belah batang bawah sepanjang 2-2,5 cm sehingga terbentuk celah;
  5. Entres yang sudah disiapkan di potong daunnya dan disayat pada kedua sisinya menjadi lancip (seperti mata kampak) dan dapat dimasukkan pada celah batang bawah;
  6. Batang atas dimasukkan pada celah batang bawah
  7. Tutuplah dengan menggunakan sungkup kantong es dan ikat menggunakan tali rafia untuk menjaga kelembaban dan mengurangi penguapan di sekitar sambungan;
  8. Letakkan tanaman pada tempat yang teduh dan diberi naungan agar terhindar dari panas matahari langsung;
  9. Bibit dipelihara sampai siap tanam di kebun selama 3 – 6 bulan

Merdeka.com – Dibandingkan pipa logam, pipa plastik semakin diminati. Popularitas pipa plastik didapatkan karena memiliki bobot ringan, kuat, tidak mudah retak, dan tentunya mudah untuk dipasang. Cukup berbekal lem dan fitting sebagai perekat, saluran pipa pun bisa dirangkai dengan baik. Pipa air yang terbuat dari plastik juga banyak jenisnya, mulai dari pipa PVC, pipa HDPE, PVC-O, PE, PPPE, dan PA.

Tapi sebelum itu, perhatikan penyambungan pipa plastik yang tepat lewat beberapa tips berikut.

Chemical Joint

Sesuai dengan namanya, penyambungan ini menggunakan bahan kimia, dalam hal ini lem (solvent cement). Tapi harus diingat bahwa metode ini hanya bisa diaplikasikan untuk pipa jenis PVC saja. Chemical joint dianggap sebagai cara yang paling praktis dan ekonomis untuk digunakan di Indonesia.

Mechanical Joint

Mechanical Joint adalah penyambungan dengan mengandalkan ulir atau baut sebagai perekat antar-pipa. Untuk melakukan metode ini, kedua ujung pipa disambung dulu dengan fitting berulir, baru kemudian fitting disambungkan dengan cara diputar mengikuti ulir tersebut.

Selain ulir, mechanical joint juga bisa dilakukan dengan menggunakan baut yang dikombinasikan dengan fitting flange adaptor/stub end. Penyambungan ini biasa dilakukan untuk dua pipa yang berbeda material, misal antara pipa plastik dan pipa logam.

Heat Fusion

Heat Fusion mengandalkan panas untuk menyambungkan dua pipa. Caranya adalah dengan melelehkan ujung pipa, kemudian disambungkan dengan pipa lain. Ada tiga jenis heat fusion, yaitu poly fusion untuk pipa PPR, butt fusion untuk pipa PE atau PA, dan electro fusion yang dapat digunakan untuk pipa PPR, PE serta PA. Dibutuhkan alat dan ahli khusus untuk melakukan heat fusion ini.

Rubber Ring Joint

Rubber Ring Joint adalah proses penyambungan paling sederhana, hanya menggunakan cincin karet yang terdapat pada soket pipa untuk merekatkan sambungan pipa PVC dan PVC-O. Diperlukan semacam pelumas untuk mempermudah pemasangannya.

Agar penyambungan pipa bisa dilakukan dengan maksimal, penting juga untuk memilih jenis pipa yang tepat dan berkualitas. Misalnya saja RUCIKA yang menawarkan berbagai varian pipa air berkualitas. Harga pipa RUCIKA juga cukup terjangkau dengan beragam keunggulan seperti tahan terhadap korosi, lebih kuat, ringan, dan lebih mudah dalam penyambungan serta pemeliharaan.

Temukan pipa RUCIKA di tempat jual pipa PVC terdekat Anda dan saatnya membuat saluran air yang berkualitas! Info lebih lengkap klik di sini.

Mengelas merupakan teknik penyambungan besi dan logam yang biasa dilakukan dalam konstruksi bangunan, kerangka kendaraan baik laut, udara dan darat. Teknik mengelas yang baik memang perlu keahlian khusus dengan pengalaman yang baik dalam bidangnya. Pengelasan menggunakan las listrik atau las karbit harus tahu teknik dasar cara membuat sambungan las yang kuat, sehingga kualitas sambungan besi atau baja yang disambung akan menjadi kuat dan tahan lama.

Agar kualitas pengelasan kamu kuat dan tahan lama, simak jenis sambungan las berikut ini :

1. Sambungan Las Sebidang

Dok.pribadi

Jenis sambungan las ini merupakan cara menyambung las yang paling sederhana dan mudah dilakukan, karena kedua besi disejajarkan dalam posisi sama letaknya atau posisinya sehingga proses pengelasannya juga akan mudah dilakukan. Biasanya jenis penyambungan besi dengan teknik pengelasan ini digunakan untuk sambungan tiang besi penyagga.

2. Sambungan Las Lewatan

Dok.pribadi

Pengelasan besi dengan posisi kedua permukaan benda saling menempel, namun kedua ujungnya tidak menempel. Biasanya jenis pengelasan ini digunakan untuk menyambung besi panjang, yang digunakan untuk menahan beban.

3. Sambungan Las Tegak

Dok.pribadi

Teknik pengelasan dengan sambungan las tegak, posisinya salah satu benda dalam posisi mendatar dan besi lainnya dalam posisi tegak. Jenis pengelasan ini juga sangat kuat digunakan karena biasanya jenis sambungan ini digunakan untuk tiang penyagga konstruksi.

4. Sambungan Las Sudut

Dok.pribadi

Cara menyambung besi dengan posisi kedua ujung benda membuat sudut 90 derajat, jenis sambungan ini sering digunakan untuk konstruksi atap, lantai dan juga berbagai jenis pekerjaan lainnya.

5. Sambungan Las Sisi

Lihat Tekno Selengkapnya

Jawaban:

silaturrahmi saling berkomunikasi,Dengan cara di lem, di las, di sekrup, di ikat, dan lain lain

Penjelasan:

semoga membantu

Leave a Comment