Tuliskan lima kegiatan yang termasuk proses dalam merawat tanaman

Ilustrasi bunga daffodil. © Travel Secrets

JATIM | 22 Oktober 2020 15:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com – Ada banyak cara untuk membuat rumah agar tampil cantik dan menarik. Masyarakat biasanya menggunakan cara sederhana untuk mempercantik rumahnya seperti dengan mendekorasi teras. Umumnya, orang menggunakan tanaman hias dan meletakkannya di teras maupun di dalam rumah untuk mempercantik tampilan ruang.

Dengan memanfaatkan tanaman hias, Anda bisa memiliki rumah yang senantiasa asri dan segar. Selain itu, memiliki ragam tanaman hias akan membuat rumah Anda terasa nyaman dan enak dipandang. Ada banyak tanaman hias yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik rumah, dari tanaman berukuran kecil hingga sedang, dari yang berbunga hingga yang hanya berdaun saja.

Cobalah untuk memilih tanaman yang sesuai dengan desain rumah Anda. Gunakan jumlah tanaman yang tepat agar ruangan tidak terasa pengap atau terlalu ramai. Anda juga perlu memperhatikan tentang cara merawat tanaman hias agar tidak mudah layu atau mati. Perawatan tanaman di dalam rumah dan di luar rumah ternyata adalah dua hal yang berbeda. Tanaman di dalam rumah membutuhkan tenaga lebih untuk merawatnya.

Mengutip dari thegardengranny.com, berikut 8 cara merawat tanaman hias di rumah agar selalu sehat dan tidak mudah layu.

2 dari 5 halaman

1. Menggunakan Media yang Tepat

Cara merawat tanaman hias yang pertama dengan memilih dan menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias Anda. Sebelum mulai mengadopsi berbagai tanaman hias ke dalam rumah Anda, sebaiknya cari tahu dulu mengenai jenis media tanam apa saja yang cocok untuk tanaman tersebut.

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pot untuk menempatkan tanaman. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot memiliki kualitas yang bagus. Anda juga harus rajin memberi pupuk pada tanah. Ini akan membuat tanah bergizi sehingga kebutuhan makanan tanaman tercukupi.

2. Perhatikan Intensitas Air

Cara merawat tanaman hias yang kedua dengan memperhatikan intensitas air yang dicurahkan pada tanaman tersebut. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman sedikitnya seminggu sekali. Usahakan untuk menyiram tanaman secara teratur.

Dalam menyiram tanaman, usahakan memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman dengan air yang terlalu banyak. Air yang tergenang di dalam pot malah akan membuat tanaman menjadi busuk. Anda harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

3 dari 5 halaman

3. Pilih Tanaman yang Tepat

Cara merawat tanaman hias yang ketiga dengan memilih jenis tanaman yang tepat untuk dipelihara. Seperti yang Anda ketahui, saat ini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Tapi, usahakan memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25°C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias tersebut.

4. Keluarkan Tanaman Secara Teratur

Cara merawat tanaman hias yang keempat dengan selalu mengeluarkannya secara teratur. Hai ini terutama berlaku untuk jenis tanaman di dalam ruangan. Tak ayal jika semua tanaman membutuhkan sinar matahari. Seperti air, sinar matahari adalah hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Maka dari itu, Anda harus memastikan tanaman tersebut mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dengan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Cobalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

4 dari 5 halaman

5. Perhatikan Kelembapan Udara

Cara merawat tanaman hias yang kelima dengan memperhatikan tingkat kelembapan udara di sekitar Anda. Anda perlu memastikan kelembapan udara yang didapatkan oleh tanaman berada pada level yang cukup bagus.

Jika Anda menggunakan AC di dalam ruangan, hal ini akan membuat kelembapan udara menjadi berkurang. Tentunya akan membuat tanaman di dalam ruangan menjadi layu. Anda bisa meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman agar kelembapan udara di sekitar tanaman tersebut tetap terjaga.

6. Ganti Pot Secara Berkala

Cara merawat tanaman hias yang keenam dengan mengganti pot-pot tanaman Anda secara berkala. Semakin lama, tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu, Anda harus mengganti tanaman di dalam pot.

Taruh tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik. Hal ini bertujuan untuk menghindari genangan air di dalam pot.

5 dari 5 halaman

7. Pangkas Tanaman

Cara merawat tanaman hias yang ketujuh dengan rutin melakukan pemangkasan. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Maka dari itu, rawatlah tanaman Anda dengan sebaik mungkin. Jika daun tanaman sudah bertambah dan terlihat rimbun mengganggu, segera pangkas. Potong daun-daun yang rusak dan busuk. Dengan cara ini daun yang rusak dan membusuk tidak akan menyebar dan menginfeksi daun yang lain.

8. Selalu Bersihkan Tanaman

Cara merawat tanaman hias yang terakhir dengan selalu bersihkan tanaman-tanaman tersebut secara teratur. Seperti kita ketahui, debu bisa hinggap di mana-mana, termasuk pada tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya, pertumbuhan tanaman akan terhambat.

Selain itu, debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan dari tanaman itu sendiri. Untuk membersihkan tanaman dari debu sangatlah mudah. Anda bisa membersihkannya dengan penyemprot tangan.

(mdk/edl)

 

Kalau kamu suka berkebun, ada sejumlah cara merawat tanaman yang efektif agar bisa tumbuh dengan subur, cara melakukannya mudah banget kok. 

Aktivitas berkebun pastinya mengasyikkan, apalagi kalau dilakukan dari tahap paling awal yaitu mencari benih. 

Misalnya kamu mulai mencari benih pohon atau tumbuhan yang ingin ditanam di taman yang ada di rumah. 

Lantas dilanjutkan dengan sederetan langkah lainnya mulai dari mempersiapkan media tanam dan mempersiapkan tempat. 

Tahap selanjutnya menanam dan juga merawat tanaman hingga tumbuh besar dan mempercantik taman. 

Ada sejumlah tahapan dalam cara merawat tanaman baik indoor maupun outdoor yang harus dilakukan. 

Jika tanaman berupa tumbuhan sayuran seperti selada atau cabe, bisa jadi kamu tidak perlu membeli lagi di pasar.  

Atau kalau tumbuhan berupa tanaman obat seperti sirih, kamu bisa bersiap jika tanaman diperlukan untuk pengobatan. 

Laman properti Rumah123.com bakal mengulas cara merawat tanaman agar selalu tumbuh subur. 

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur dan Tidak Cepat Layu

Layaknya makhluk hidup, tanaman memang harus dirawat dengan baik agar bisa tumbuh dan berkembang. 

Jika tidak ada perawatan, tumbuhan bisa tidak berkembang dengan baik, sering layu, atau bahkan mati. 

Mungkin ada cara perawatan yang salah, tentunya hal ini harus diperbaiki. Kamu harus memperbaiki pengetahuan perawatan. 

Saat mencari cara yang tepat, kamu akan menemukan 10 cara merawat tanaman atau hanya 3 cara merawat tanaman saja. 

Bahkan, kamu bisa menemukan sejumlah cara yang lebih spesifik lagi seperti cara merawat tanaman aglaonema, atau cara merawat tanaman calathea.

Atau kamu bisa mencari tahu cara merawat tanaman keladi, cara merawat tanaman kaktus, cara merawat tanaman bunga, hingga cara merawat tanaman hias daun.

1. Memilih Media Tanam yang Tepat

Cara merawat tanaman yang benar adalah menyesuaikan media tanam dengan tumbuhan misalnya tanaman hias daun atau lainnya. 

Media tanam tidak hanya tanah, tetapi ada campuran lain seperti sekam padi, humus, sabut kelapa, serbuk kayu, dan lainnya. 

Ada juga tanaman yang bisa tumbuh subur dengan media tanam air, menggunakan hidroponik dan aquaponik. 

2. Memilih Tempat untuk Menaruh Tanaman 

Bagaimana cara merawat tanaman dalam pot, bisa jadi berbeda dengan cara merawat tanaman di polybag.

Begitu juga kalau kamu memilih menaruh tanaman di tanah, cara perawatan bisa berbeda lantaran media tanam juga berlainan, jumlah air yang diberikan tidak sama.

Sejak awal, kamu harus memutuskan menaruh tanaman di pot, rak tanaman, polybag, merambat di dinding, atau tanah. 

3. Menyiram Tanaman dengan Cara yang Tepat 

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin, setiap pagi atau sore hari agar pasokan air terpenuhi. 

Berikan suplai air secara merata ke tanaman, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam memberikan air. 

Pemberian air yang terlalu banyak bisa membuat genangan air di sekitar tanaman dan bisa menutup jalur oksigen. 

4. Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mendapatkan Sinar Matahari 

Upayakan untuk menempatkan tanaman pada area yang memperoleh sinar matahari termasuk tanaman indoor, hal ini menjadi salah satu cara merawat tanaman yang layu.

Tumbuhan termasuk juga  tanaman indoor memerlukan sinar matahari langsung untuk proses fotosintesis. 

Namun, kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari memang berbeda-beda, ada yang tahan sinar terik matahari, ada yang memerlukan sinar matahari beberapa jam saja. 

5. Mengantisipasi Hama Tanaman 

Tidak hanya manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit berupa hama tanaman yang bisa mematikan. 

Jangan lupa untuk menyiangi tanaman liar dan rumput liar agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit. 

Sejumlah hewan serangga juga bisa mengganggu tumbuh kembang tanaman seperti belalang atau ulat bulu. 

6. Memangkas Tanaman yang Mati 

Saat ada bagian tanaman yang kering atau mati lantaran hama, segera cabut atau potong bagian tersebut dengan segera. 

Hal ini menjadi cara merawat tanaman yang benar dan bertujuan agar hama tidak menyebar ke tanaman yang lain. 

Lakukan pemangkasan rutin dengan menggunakan gunting tanaman saat ada tanaman yang terlihat layu dan kering. 

7. Membersihkan Daun Tanaman

Salah satu cara merawat tanaman hias adalah membersihkan daun tanaman dengan lap bersih secara rutin. 

Apalagi kalau tanaman hias indoor ini ditempatkan di dalam rumah, kamu harus rutin membersihkan daun. 

Kotoran seperti debu dan lainnya pasti menempel pada daun sehingga membuatnya tidak terlihat bersih. 

8. Memantau Kelembapan 

Tanaman seperti bunga, tanaman hias, sayur, atau buah-buahan memerlukan tingkat kelembapan yang sesuai. 

Lakukan pengukuran suhu dan kelembapan sesuai dengan jenis tanaman yang dimiliki di taman. 

Sejumlah tanaman memerlukan cuaca dan lokasi yang sesuai, tingkat kelembapan tentunya terkait. 

9. Menggunakan Pupuk Alami 

Salah satu cara merawat tanaman hias agar cepat berbunga adalah memberikan pupuk yang alami.

Upayakan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tanaman dengan menyediakan pupuk alami, pupuk kandang, atau pupuk organik. 

Pupuk yang berasal dari kotoran hewan, pupuk kompos dari sisa makanan, dan apapun yang alami seperti sampah makanan. 

10. Menghindari Pemakaian Pupuk Kimia

Salah satu tips bagaimana cara merawat tanaman adalah menghindari penggunaan pupuk kimia.

Apalagi kalau kamu menanam sayuran atau buah yang akan dikonsumsi sendiri atau juga dijual lagi. 

Jangan memakai pupuk kimia kecuali kamu hanya menanam tanaman hias, kamu bisa memakainya jika tidak bisa dihindari. 

11. Mengganti Pot Secara Rutin 

Kalau menggunakan pot untuk menaruh tanaman, kamu bisa mengganti pot secara berkala, hal ini harus dilakukan. 

Tanaman akan tumbuh kembang, bisa jadi pot yang digunakan selama ini sudah tidak cukup lagi. 

Cara merawat tanaman untuk pemula yang tentunya mudah, kamu hanya perlu mengganti dengan komposisi media tanam yang disesuaikan. 

Kalau mencari lebih lanjut mengenai sejumlah cara ini, kamu akan menemukan cara merawat tanaman di sekolah, cara merawat tanaman padi yang baik dan benar.

Nah, lakukan cara perawatan yang baik agar tanaman yang ada di rumah tetap tumbuh subur setiap saat. 

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai gaya hidup di rumah. 

Bagi kamu yang mencari rumah tapak di kawasan Sidoarjo, Jawa Timur, pastinya Suncity Residence menjadi pilihan yang tepat.

Terinspirasi

Terhibur

Biasa Saja

Tidak Menarik

Terganggu

Tidak Suka

Leave a Comment