Sebutkan komponen apa saja yang ada dalam laporan kegiatan usaha

Sebuah usaha, baik itu besar maupun kecil, dianjurkan untuk memiliki laporan kegiatan usaha. Dengan adanya laporan tersebut, maka pelaku usaha akan lebih mudah melakukan evaluasi performa usaha.

Nah, bagi Anda yang baru merintis usaha sendiri dan belum pernah menyusun laporan kegiatan bisnis, mari simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Laporan Kegiatan Usaha?

Secara garis besar, laporan kegiatan usaha adalah laporan yang berisi seluruh kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh sebuah usaha. Biasanya, laporan ini disusun secara rutin.

Ada pelaku usaha yang menyusun laporannya setiap satu bulan sekali, tapi ada juga yang menyusunnya tiap dua minggu sekali. Intinya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Dengan membuat laporan kegiatan bisnis secara berkala, Anda bisa lebih mudah memantau perkembangan usaha. Dalam jangka panjang, laporan ini bahkan bisa digunakan untuk mengambil keputusan yang terkait dengan perkembangan usaha Anda.

Tujuan dan Manfaat Laporan Kegiatan Usaha

Laporan ini sendiri dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha kepada pemberi modal atau stakeholders. Misalnya, usaha Anda disokong oleh investor bernama Tuan A, maka laporan kegiatan bisnis bisa diberikan secara berkala kepada Tuan A. Dengan begitu, Tuan A bisa tahu bagaimana modal usaha yang ia beri digunakan dalam usaha Anda.

Laporan kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat. Dengan membuatnya secara teratur, Anda bisa lebih mudah mengamati perkembangan perusahaan. Bukan cuma itu, Anda juga lebih mudah mengetahui bagian mana saja yang untung dan bagian mana saja yang berpotensi menimbulkan kerugian.

Struktur Penyusunan Laporan

Lalu, bagaimana cara menyusun laporan ini? Sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti struktur berikut:

1. Cover laporan

Merupakan halaman muka laporan yang berisi informasi mengenai perusahaan Anda seperti nama perusahaan, logo, dan juga alamat.

2. Kata Pengantar

Berisi garis besar laporan. Dengan membaca bagian Kata Pengantar ini, pembaca bisa memiliki gambaran dari isi laporan.

3. Daftar Isi

Halaman yang berisi bagian-bagian laporan beserta halamannya. Jadi, pembaca bisa menemukan bagian tersebut dengan tepat dan cepat.

4. Bab I: Pendahuluan

Pada bab ini, Anda bisa mencantumkan latar belakang pembuatan laporan. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat sub bab yang berisi tujuan serta manfaat pembuatan laporan kegiatan ini.

5. Bab II: Pembahasan

Dalam Pembahasan, paparkan apa saja kegiatan usaha yang telah Anda jalankan. Di bagian terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan laporan keuangan serta kendala yang ditemui dalam pengerjaan.

6. Bab III: Penutup

Bab Penutup berisi tentang garis besar kegiatan usaha yang telah Anda lakukan. Jika pada bab Pembahasan Anda menjelaskan tentang kendala, maka bab Penutup mencantumkan tentang solusi yang bisa ditawarkan. Bisa juga menambahkan sub bab yang berisi kritik serta saran.

7. Lampiran

Lampiran berisi dokumen yang berhubungan dengan kegiatan usaha, misalnya kwitansi atau bukti transaksi lainnya.

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Usaha

Untuk memudahkan Anda, simak contoh berikut ini, yuk!

Cover

Laporan Kegiatan Usaha

CV. Rasa Nikmat

Ditulis sebagai laporan kegiatan bulan September 2021

[LOGO PERUSAHAAN]

Disusun oleh:

CV. Rasa Nikmat

Jalan Ampera No. 12, Jakarta

Kata Pengantar

Puji dan syukur kepada Tuhan YME yang atas nikmat-Nya, saya selaku pemilik CV. Rasa Nikmat dapat menyelesaikan “Laporan Kegiatan Usaha CV. Rasa Nikmat” yang di dalamnya terdapat laporan selama satu bulan terakhir.

Laporan kegiatan kali ini akan berisi tentang kegiatan usaha yang dilakukan oleh CV. Rasa Nikmat beserta dengan kendala yang dihadapi beserta dengan laporan keuangan selama bulan September 2021.

Bab I: Pendahuluan

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Manfaat

Bab II: Pembahasan

Menjelaskan tentang bagaimana kegiatan usaha selama bulan September 2021 dijalankan. Lengkap dengan laporan keuangan yang memuat pos-pos keuangan perusahaan.

Bab III: Penutup

Memaparkan kendala-kendala yang dihadapi serta penawaran solusi yang bisa dikerjakan di masa mendatang.

Lampiran

Melampirkan bukti transaksi yang berkaitan dengan kegiatan usaha sepanjang bulan September 2021.

Semoga pemaparan di atas bisa membantu Anda yang baru merintis usaha, terutama bagi Anda yang ingin mengatur bisnis agar lebih mudah dipantau perkembangannya.

Nah, agar mudah menyusun laporan ini, sebaiknya Anda menyimpan setiap transaksi usaha dengan baik. Sekarang, Anda tak perlu melakukan pencatatan manual. Anda bisa menggunakan GoKasir, aplikasi kasir gratis yang akan membantu Anda untuk mencatat penjualan dan pengeluaran bisnis.

Agar lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan GoBiz PLUS, pelengkap perangkat kasir yang dapat terima pembayaran kartu debit dan kartu kredit, pembayaran nontunai GoPay, hingga cetak struk instan. Dijamin, operasional usaha bakal lebih lancar dan penyusunan laporan pun jadi lebih gampang!

Selamat mencoba, ya!

Jika Anda menyukai artikel ini silakan tinggalkan komentar dengan pilihan dibawah!

Read more about:

 LAPORAN KEGIATAN USAHA

Untuk membuat sebuah Laporan Kegiatan Usaha, kita perlu tau terlebih dahulu pengertian dari laporan itu sendiri. 

Laporan adalah segala sesuatu baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. 

Laporan Kegiatan Usaha dibuat dalam bentuk proposal. Dibuatnya proposal usaha memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1) Membantu wirausaha untuk mengembangkan usahanya serta menguji strategi serta hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor)

2) Membantu wirausaha untuk berpikir secara kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan

3) Sebagai alat komunikasi dalam pemaparan dan meyakinkan gagasan kepada pihak yang lain

Proposal usaha berperan sebagai alat untuk mengevaluasi kegiatan usaha yang telah dilakukan. Komponen proposal usaha diantaranya. 

a. Uraian kegiatan usaha

b. Personalia

c.  Produksi

d. Pemasaran

e. Pengelolaan keuangan, yaitu:

     1) laporan jurnal

     2) laporan perubahan modal

     3) laporan laba rugi

     4) neraca dan cash plow

f. Lampiran-lampiran ( Akta perusahaan, sertifikat tanah, izin perusahaan, dll).

Dalam membuat proposal usaha atau laporan kegiatan usaha, kita juga harus mempunyai format penulisan yang baik. Selain itu, isi yang mudah dipahami juga sudah menjadi keharusan agara pembaca mengerti apa yang dimaksud dalam isi laporan tersebut. 

Itulah beberapa informasi mengenai komponen laporan kegiatan usaha yang patut kita ketahui. Semoga bermanfaat~


Page 2

  LAPORAN KEGIATAN USAHA Untuk membuat sebuah Laporan Kegiatan Usaha, kita perlu tau terlebih dahulu pengertian dari laporan itu sendiri.  Laporan adalah segala sesuatu baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi.  Laporan Kegiatan Usaha dibuat dalam bentuk proposal. Dibuatnya proposal usaha memiliki beberapa manfaat diantaranya: 1) Membantu wirausaha untuk mengembangkan usahanya serta menguji strategi serta hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor) 2) Membantu wirausaha untuk berpikir secara kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan 3) Sebagai alat komunikasi dalam pemaparan dan meyakinkan gagasan kepada pihak yang lain Proposal usaha berperan sebagai alat untuk mengevaluasi kegiatan usaha yang telah dilakukan. Komponen proposal usaha diantaranya.  a. Uraian kegiatan usaha b. Personalia c.  Produksi d. Pemasaran e. Pengelolaan keuangan, yaitu:      1)


pliss bantu ya makasih secepatnya !!?​


ubahlah cerpen berikut menjadi teks drama
HUKUMAN MANIS BUAT ARYA
Arya berdiri di ruang makan. Sebentar-sebentar dia mengintip ke ruang kerja ayahnya.


Di ruangan itu tersimpan buku-buku koleksi ayahnya. Ruangan itu dialasi tikar lampit Kalimantan. Sangat nyaman. Arya dan Astri betah berlama-lama membaca di situ. Ibu Arya yang seorang guru, juga sering mengoreksi soal-soal ulangan di situ.
Sekarang ini lampu ruangan itu mati. Ayah belum sempat menggantikan dengan lampu baru. Arya mengintip sekali lagi. Namun ia tidak bisa melihat jelas karena ruangan itu agak gelap. Sore itu tidak ada seorang pun di rumah kecuali Arya. Ayah dan ibu mengantar Astri ke dokter gigi. Arya mulai gelisah. Ia ingin sekali masuk ke ruangan itu. Tiba-tiba ia dikejutkan oleh dering telepon. Ternyata dari Dani, teman sekelasnya.
“Kalau kamu tidak bisa menemukannya, berarti kamu ingkar janji. Dasar pengecut!” kata Dani dengan suara keras.
“Tapi Dan…” jawab Arya gugup.
Belum sempat Arya menyelesaikan kalimatnya, telepon sudah ditutup Dani. Arya lalu berjalan menuju ruang belajar. Besok Ibu akan memberi ulangan matematika. Di ruang itulah biasanya Ibu mempersiapkan soal-soal ulangan. Perlahan-lahan dibukanya pintu ruangan itu. Berkas sinar lampu dari ruang makan menerobos masuk.
“Itu dia!” gumam Arya gembira. Sebuah buku tergeletak di meja. Tampak ada sehelai kertas terselip di dalamnya. Arya tahu benar bahwa mengintip soal sebelum ulangan adalah perbuatan curang. Namun ejekan Dani terngiang-ngiang di telinganya.
Arya menarik napas panjang dan berkata pada dirinya sendiri, “Aku bukan pengecut. Aku harus mengambilnya!”
Dengan gemetar, diambilnya kertas itu dari atas meja. Lega rasanya begitu melihat bahwa kertas itu benar-benar soal ulangan matematika. Rasa takut kembali muncul di hatinya. “Pengecut, pengecut!” Mengingat kata-kata Dani itu, Arya menjadi nekat membawa kertas itu keluar. Secepat kilat ia lari ke ruang TV menelepon Dani.
“Hebat!” teriak Dani. Arya lalu membacakan soal matematika itu dan Dani mencatatnya.
“Terima kasih, Arya. Besok kutraktir es krim Mas Doto deh!” seru Dani riang. Arya tertegun sejenak. Dia lalu lari ke ruang belajar dan menyimpan kembali kertas soal itu.
Baru saja Arya hendak menutup pintu ruang belajar, terdengar suara mobil Ayah di depan rumah. “Hmmm, untung sudah beres,” gumamnya perlahan.
Keesokkan harinya ulangan matematika berlangsung sesuai jadwal.
“Ya ampun, soalnya persis sekali!” seru Arya dalam hati. Dani berhasil menyelesaikan soal ulangan dalam waktu dua puluh menit. Ketika ia menyerahkan lembar jawaban, semua anak memandang keheranan padanya. Arya tersenyum dan Dani membalas dengan mengedipkan sebelah matanya.
“Kau adalah sahabatku yang paling baik di dunia!” ucap Dani saat mereka menikmati es krim di bawah pohon. Arya tersipu.
Sore harinya, saat Arya pulang ke rumah,
“Arya, Ibu punya kejutan buatmu!” seru Ibu gembira.
“Wow, chicken pie!” teriak Arya. “Makasih, Bu!” seru Arya lagi.
Saat makan malam tiba, dengan bangga Ibu menceritakan kehebatan anaknya. “Ayah, Arya mendapat nilai matematika paling tinggi di kelas, lo!” seru Ibu.
“Wah hebat! Anak istimewa harus mendapat hadiah istimewa! ” timpal Ayah.
“Aku juga mau kasih Mas Arya hadiah. Tapi rahasia!” ucap Astri, adik Arya.
Arya menutup mulut dengan tangannya. Alisnya agak terangkat. Ia menjadi salah tingkah. Ia malu dan merasa sangat bersalah. Arya akhirnya menunduk dan berkata lirih,
“Maaf, Bu. Saya membaca soal ulangan matematika itu tadi malam,” air mata menggenang di pelupuk matanya.
Ibu memeluknya dengan lembut dan berkata, “Hmm, Ibu senang akhirnya kamu mengaku. Tapi mengapa kau lakukan itu? Ada yang menyuruhmu?” desak Ibu lembut.
“Ti…tidak, Bu!” sahut Arya cepat, tetap menunduk.
“Memang serba salah jadi anak guru, ya?” Ibu menyelidik halus. “Mmm…sebetulnya kalau aku berani, hal ini tidak akan terjadi, Bu,” jawab Arya memberanikan diri.
Ibu tersenyum mendengar jawaban anaknya. “Sebenarnya Ibu curiga sejak tadi malam. Kau tidak menyelipkan kembali soal matematika itu pada halaman semula,” jelas Ibu bijak. “Dan Ibu tambah curiga melihat gerak-gerik Dani saat menyerahkan soal. Tapi sudahlah, kamu kan sudah mengakui kesalahanmu,” ucap Ibu lagi.
“Jadi, sebetulnya Ibu sudah tahu sejak tadi malam?” Arya keheranan.
Ibu tersenyum mengangguk.
“Lo…kenapa Mas Arya tidak langsung dimarahi, Bu?” tanya Astri. Ayah tertawa sambil mengacak-acak rambut Astri,
“Kamu tuh paling suka kalau Mas Arya dihukum!”
“Menghukum seseorang itu tidak harus selalu dengan marah-marah!” Ibu menjelaskan.
“Bu, Arya lebih baik dimarahi habis-habisan daripada diperlakukan dengan baik begini,” sergah Arya.
“Akh kamu! Sudah salah malah nawar-nawar!” sahut Ayah sambil tertawa.
Arya menghela nafasnya. Tiba-tiba Ayah menyeletuk, “Astri, sini chicken pie nya. Ayah habiskan saja deh!” Astri dan Arya serentak lari menuju lemari makan, dan berteriak,
“Jangan dooong!” Ayah dan Ibu tertawa melihat tingkah kedua anaknya


bntu jawab ya ka makasih jwab secepatnya !!?​


35. Naskah-Sayuti Melik-proklamasi-mengetik-teliti-dengan Susunlah kata-kata tersebut menjadi kalimat efektif!​


tolong di jawab ya manteman, besok mau dikumpulin..


bantuin ya ka makasih secepatnya !! ​


Tolong di jawab dengan benar ngasal repot​


penulisan salam penutup dalam surat resmi yang tepat adalah​


menentukan makna kata dan lambang dalam puisi​


4. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Lahan pertanian di Indonesia mencapai delapan juta hektar. Jumlah penduduk yang bekerja p


ada bidang pertanian sekitar 26 juta jiwa. Oleh sebab itu, Indonesia disebut negara agraris. Kalimat utama paragraf tersebut adalah… A. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani.B. Lahan pertanian di Indonesia mencapai delapan juta hektar.C. Jumlah penduduk yang bekerja pada bidang pertanian sekitar 26 juta jiwa.D. Oleh sebab itu, Indonesia disebut negara agraris. Tolong di jawab ya kaka​

Leave a Comment