Sebutkan 3 jenis formulir beserta kegunaannya

PELAPORAN PAJAK (1)

SURAT pemberitahuan atau disingkat SPT merupakan sarana yang digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak kepada negara melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Kewajiban pelaporan pajak ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 7 tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan (UU PPh). Setiap tahun pajak, wajib pajak orang pribadi harus menyampaikan SPT tahunan kepada Ditjen Pajak.

Jatuh tempo penyampaian SPT tahunan untuk PPh orang pribadi adalah 31 Maret. Nah, menjelang akhir Maret 2019 ini, wajib pajak orang pribadi harus siap-siap membuat dan menyampaikan SPT Tahunan untuk tahun pajak 2018.

Mungkin banyak di antara wajib pajak yang masih bingung harus mengisi formulir yang mana karena untuk SPT orang pribadi terdapat tiga formulir yaitu formulir 1770 SS, formulir 1770 S dan formulir 1770. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing formulir tersebut.

  • Formulir SPT Jenis 1770 SS

Formulir SPT jenis 1770 SS adalah jenis SPT tahunan untuk perseorangan atau wajib pajak dengan penghasilan tahunan kurang dari atau sama dengan Rp60 juta. Formulir jenis ini ditujukan untuk karyawan yang hanya bekerja pada satu perusahaan atau instansi dan sudah bekerja minimal satu tahun.

Jika wajib pajak berstatus sebagai karyawan atau pegawai yang bekerja pada hanya satu perusahaan/instansi/organisasi dengan penghasilan bruto setahun tidak lebih dari Rp60 Juta, dan tidak punya penghasilan lain selain bunga koperasi atau bunga bank, maka wajib pajak cukup mengisi SPT 1770 SS.

Pengisian formulir ini terbilang paling sederhana ketimbang formulir lainnya, karena hanya memindahkan semua data yang sudah tertulis pada formulir 1712 A1 atau A2 yang diberikan oleh pemberi kerja.

  • Formulir SPT Jenis 1770 S

Formulir SPT jenis 1770 S merupakan jenis SPT tahunan khusus untuk pribadi yang memiliki penghasilan tahunan lebih dari Rp60 juta. Berbeda dengan formulir 1770 SS, formulir jenis 1770 S ini digunakan untuk pegawai yang bekerja di dua atau lebih perusahaan dalam kurun waktu satu tahun.

Artinya, meski penghasilan bruto sang pegawai di bawah Rp60 juta per tahun, pegawai yang bekerja di lebih dari dua perusahaan tetap melapor pajak dengan menggunakan formulir jenis ini.

Formulir 1770 S terdiri dari dua lampiran yang harus diisi oleh wajib pajak dengan benar. Data-data yang harus diisikan seperti bukti potong, anggota keluarga, harga, data penghasilan, dan lain sebagainya.

Formulir SPT Tahunan jenis 1770 yang merupakan formulir yang digunakan oleh wajib pajak perseorangan dengan status pekerjaan sebagai pemilik bisnis atau pekerja yang memiliki keahlian tertentu dan tidak memiliki ikatan kerja.

Kata kunci pada formulir ini adalah ‘penghasilan dari usaha/pekerjaan bebas’. Jika wajib pajak memiliki penghasilan jenis ini maka wajib hukumnya menggunakan formulir ini. Meksipun wajib pajak mempunyai penghasilan lain semisal penghasilan dari pekerjaan atau penghasilan pasif seperti dividen atau bunga, wajib pajak tetap harus menggunakan formulir 1770 (tanpa S).

Contoh kegiatan usaha/pekerjaan bebas misalnya adalah usaha toko, wartel, usaha persewaan kendaraan, salon kecantikan, praktek dokter, pengacara dan sebagainya. Jadi kegiatan usaha itu bisa dalam bentuk usaha perdagangan, jasa ataupun pabrikan.

Selain itu, penggunaan formulir ini juga ditujukan untuk perseorangan yang bekerja di lebih dari satu perusahaan atau instansi dengan PPh final, penghasilan dari dalam negeri (royalti, bunga, penghasilan dari perbedaan kurs mata uang), dan penghasilan yang diperoleh dari luar negeri.

Dokumen Lain yang Dibutuhkan

Terdapat beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan oleh wajib pajak sebelum mengisi dan melaporkan SPT tahunan orang pribadi, di antaranya sebagai berikut:

Formulir dengan kode 1721 A1 dan A2. Formulir dengan kode A1 ditujukan untuk karyawan yang bekerja pada perusahaan swasta, sementara formulir dengan kode A2 ditujukan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Formulir ini bisa diperoleh wajib pajak dari bagian keuangan perusahaan atau instansi tempat bekerja. Data-data dalam formulir ini bisa membantu wajib pajak dalam pengisian formulir SPT tahunan. Jika wajib pajak melapor SPT lewat e-filing, biasanya data formulir 1721 A1/A2 sudah terisi secara otomatis.

  • Electronic Identifiction Number (e-FIN)

Dokumen administrasi lain yang dibutuhkan sebelum mengisi SPT adalah e-FIN. Nomor ini dapat diperoleh melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan menjadi akses untuk bisa masuk dan mengisi e-filing atau pelaporan pajak secara online dalam laman resmi DJP Online.

Cara mendapatkan EFIN ini tidak sulit. Wajib pajak cukup datang ke KPP terdekat dan membawa kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Di KPP wajib pajak akan diminta mengisi formulir pengajuan atau aktivasi EFIN.

  • Informasi tentang Penghasilan, Harta atau Hutang Lainnya

Dokumen ini diperlukan apabila wajib pajak memiliki penghasilan lain selain penghasilan tetap yang diperoleh dari pekerjaan utama, adanya kewajiban terutang yang harus dibayarkan, atau harta lainnya.

Guna memudahkan pembaca, DDTCNews menyediakan seluruh peraturan, dokumen, dan formulir yang perlu diketahui dalam rangka pengisian dan pelaporan SPT di sini. Semua itu dapat diunduh secara cuma-cuma dalam DDTC Tax Engine.*

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering diharuskan untuk mengisi formulir. Modern ini, formulir tidak hanya berbentu kertas, namun juga dalam bentuk digital. Namun, apakah sebenarnya formulir? Bagimana bagian-bagian formulir?

Pengertian formulir

Winardi dalam buku Asas-asas Manajemen (2000) menyebutkan bahwa formulir adalah sehelai kertas cetak yang menyediakan ruang untuk dimuat catatan-catatan informas atau instruksi-instruksi yang akan diteruskan kepada individu, departemen, ataupun perusahaan.

Sehingga formulir adalah kertas yang dicetak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Format tersebut kemudian bisa diidi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan oleh orang ataupun perusahaan yang membuat formulir tersebut.

Bagian-bagian formulir

Formulir terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian kepala atau pembuka, bagian isi atau badan, dan juga bagian ekor atau penutup. Berikut penjelasannya: 

Bagian kepala

Bagian kepala formulir berisi nama, alamat, dan kontak juga nomor telepon lembaga, institusi, ataupun perusahaan yang mengeluarkan formulir tersebut.

Baca juga: Contoh Formulir dalam Bahasa Inggris

Bagian isi

Bagian isi formulir diawal dengan instruksi atau pengisian formulir. Kemudian dilanjutkan dengan tabel, isian, atau format apa pun dari formulir. Yang kemudian format tersebut diisi sesuai dengan data yang diinginkan berdasarkan dengan aturan dari instruksi pengisian.

Bagian ekor

Bagian ekor adalah bagian penutup formulir yang biasanya berisi tempat dan waktu pengisian formulir, nama lengkap pengisi, dan juga tanda-tangan pengisi formulir.

Fungsi formulir

Formulir memiliki banyak fungsi misalnya untuk mengumpulkan informasi tertentu, mengumpulkan dan merekam data, sebagai bukti untuk pertanggungjawaban, meminta dan mencatat suatu tindakan, juga sebagai media komunikasi baik antarindividu atau antara individu dengan perusahaan.

Tujuan formulir

Menurut Sedarmayanti dalam buku berjudul Dasar-dasar Pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran (2001) tujuan dan maanfaat formulir adalah:

  • Menghemat waktu kerja
  • Mempermudah pekerjaan
  • Membentuk keseragaman kerja
  • Alat pemberian instruksi
  • Alat pengawasan dan evaluasi
  • Alat perencanaan

Baca juga: Cara Menulis Teks Prosedur Bahasa Inggris Sederhana

Contoh formulir pendaftaran dalam bahasa InggrisContoh formulir

Ada banyak sekali contoh formulir, karena formulir digunakan sebagai syarat administrasi di berbagai institusi.

Contohnya formulir pendaftaran sekolah, formulir pendaftaran anggota lembaga, formulir daftar riwayat hidup, formulir perminantaan izin, wesel pos, formulir transaksi penjualan, formulir perjanjian kerja, formulir riwayat kesehatan, formulir pemeriksaan kendaraan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

3 menit

Sebagian dari kamu mungkin pernah mengisi suatu informasi atau data di lembaran kertas berupa formulir. Bagi yang belum, lihat contoh formulir pendaftaran berikut terutama jika kamu berencana membuatnya. Mudah, kok!

Sahabat 99, formulir merupakan sebuah kertas yang berisi beberapa pertanyaan entah itu terkait data diri atau informasi lain.

Biasanya, formulir digunakan untuk kegiatan resmi atau tidak resmi.

Salah satu contohnya adalah ketika kamu ingin membuka rekening bank maka harus mengisi data diri pada formulir tersebut.

Namun, kekinian juga kerap ditemukan formulir dalam bentuk digital atau online

Jadi, kamu tinggal mengisinya secara online di laptop atau HP.

Bagi kamu yang sedang mempelajari atau berencana membuat formulir, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Yuk, pahami secara bersama-sama!

Apa Itu Formulir?

Formulir adalah lembaran kertas atau digital yang memuat daftar isian mengenai data atau informasi.

Melansir Kompas.com, formulir dibuat berdasarkan format yang telah ditentukan untuk kemudian diisi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan.

Sementara itu, formulir pendaftaran adalah daftar isian mengenai data pendaftar sebagai persyaratan yang diperlukan untuk proses pendaftaran peserta.

Jika kamu sudah mengerti, simak juga fungsi formulir di bawah ini, yuk!

Fungsi Formulir

Formulir memiliki ragam fungsi, Sahabat 99.

Jika kamu berencana membuatnya maka harus memahami apa saja fungsi formulir.

Hal ini supaya tujuan dalam membuat formulir tersebut sesuai dengan sasaran.

Misalnya fungsi formulir pendaftaran yang perlu kamu ketahui.

Fungsi formulir pendaftaran adalah untuk mengetahui informasi atau data lengkap pendaftar suatu kegiatan.

Dengan formulir, artinya kamu telah merekam data atau informasi pendaftar sehingga menjadi bukti bahwa orang tersebut mengikuti suatu kegiatan.

Adapun secara lengkapnya ada di bawah ini.

Fungsi formulir:

  • Mengumpulkan atau mengetahui sebuah informasi
  • Merekam data secara spesifik
  • Bukti fisik dan pertanggungjawaban
  • Media komunikasi antar individu atau organisasi

Jenis-jenis Formulir

Tidak hanya fungsinya, formulir juga terbagai ke dalam beberapa jenis.

Selain formulir pendaftaran, ada pula jenis-jenis formulir lainnya.

Jenis-jenis formulir adalah formulir riwayat hidup, formulir permintaan izin, formulir pendaftaran beasiswa, hingga wesel pos.

Ada juga formulir perjanjian kerja, formulir kesehatan, formulir pernyataan, dan formulir lainnya.

Cara Membuat Formulir

Cara membuat formulir sangatlah mudah, Sahabat 99.

Hal yang harus kau perhatikan adalah format yang biasanya sudah ditentukan.

Setelah itu, tinggal memasukan rincian informasi yang diperlukan untuk diisi orang lain.

Bagian-bagian formulir terdiri dari kepala, pembuka, isi, dan penutup.

Cara membuat formulir:

  • Cantumkan nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, kontak, dan institusi pada formulir sesuai maksud dan tujuan
  • Cantumkan intruksi pengisian pada bagian isi agar memudahkan pengisi formulir
  • Untuk penutup, cantumkan nama tempat dan tanggal pengisian
  • Jika diperlukan, beri kolom tanda tangan pengisi formulir

10 Contoh Formulir Pendaftaran

1. Contoh Formulir Pendaftaran

Sumber: Scribd.com

2. Contoh Formulir Pendaftaran Sekolah

Sumber: academia.edu

3. Contoh Formulir Pendaftaran Lomba

Sumber: Scribd.com/Chindya Lucky Pratiwi

4. Contoh Formulir Pendaftaran Siswa Baru

Sumber: scribd.com/Muchlis

5. Contoh Formulir Pendaftaran Organisasi

Sumber: Scribd/Niickall Arrellaa Waii Kannan

6. Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler

Sumber: Scribd/ZenZaad

7. Formulir Pendaftaran Caleg

Sumber: Scribd/Khairul Rasyied

8. Contoh Formulir Pendaftaran dalam Bahasa Inggris

Sumber: formsbirds.com

9. Formulir Pendaftaran Bimbel

Sumber: Scribd.com/Okta Smart Bimbel

10. Formulir Pendaftaran Komunitas

Sumber: Scribd/Ary Sudewa

***

Semoga bermanfaat, Sahabat 99.

Cek informasi menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa, bagi kamu yang sedang mencari rumah kunjungi www.99.co/id!

Dapatkan ragam hunian menarik dari berbagai proyek perumahan.

Salah satu yang patut kamu pertimbangkan adalah Chelsea Modern Home!

Leave a Comment