Kapan dan pada saat apa perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Ada banyak pelanggan yang telah terbiasa berbelanja di salah satu toko online, kemudian beralih ke kompetitor. Ini tidak mengherankan karena persaingan bisnis, terutama online, sangat ketat. Agar pelanggan Anda tidak beralih ke kompetitor, Anda perlu melakukan inovasi produk. 

Inovasi produk perlu dilakukan demi mempertahankan bisnis. Ketika Anda melakukan inovasi produk, ada banyak dampak positif dan aneka manfaat yang diperoleh. 

Ketika Anda berhasil melakukan inovasi produk, pelanggan pasti akan mengapresiasi produk Anda. Bahkan, tidak jarang pelanggan loyal akan merekomendasikan hasil inovasi produk ke pelanggan baru. Sehingga pelanggan baru pun tertarik bertransaksi dengan Anda. 

Definisi Inovasi Produk

Inovasi produk adalah usaha yang dilakukan oleh pebisnis untuk memperbaiki, mengembangkan serta meningkatkan produk. Dalam hal ini, inovasi produk tidak hanya khusus pada produk saja melainkan dari segi pelayanan. 

Sebagai contoh, Anda menerima komentar miring dari pelanggan terkait pelayanan. Maka, cara yang paling sederhana adalah memperbaiki kemudian meningkatkan kualitas pelayanan. Proses yang dilakukan harus kontinyu. Sebab, inovasi produk akan berhasil apabila pelanggan memberikan apresiasi dengan bertransaksi di bisnis Anda. 

Tujuan Melakukan Inovasi Produk

Pebisnis yang ingin berkembang harus update dengan perkembangan zaman. Maka dari itu, mereka harus mau melakukan inovasi produk. Agar pelanggan tidak mengalami kejenuhan dan selalu menanti produk terbaru dari Anda. 

Pelanggan tidak akan pernah merasa puas. Mereka akan selalu mencari yang terbaik dari terbaik. Mereka akan berburu meskipun mereka tahu bahwa belum tentu yang dituju adalah kebutuhannya. Maka, inilah celah yang bisa Anda manfaatkan.

Anda perlu melakukan inovasi produk. Apa yang dibutuhkan oleh pelanggan perlu dijawab oleh Anda. Caranya peningkatan kualitas produk serta mutu dari pelayanan. 

Meningkatkan Kualitas

Pelanggan akan terus membandingkan mana yang terbaik antara produk Anda atau kompetitor. Hal ini menjadi wajar mengingat pelanggan berupaya mendapat produk terbaik. Oleh karena itu, sejak awal Anda harus berpikir selangkah lebih maju. 

Produk yang Anda tawarkan bisa memiliki nilai jual yang menarik. Ada tambahan fitur atau justru hemat fitur. Sekali lagi, itu bisa jadi karena kebutuhan pelanggan. Yang pasti, ketika pelanggan menggunakan produk Anda, mereka sama sekali tidak menampakkan kekecewaan.

Menciptakan Pasar Baru

Ada banyak persaingan dalam bisnis. Misal, produk yang dimiliki sama namun beda warna. Atau warna sama namun harga berbeda. Ini menjadi sesuatu yang tricky. Maka dari itu, cobalah menciptakan pasar baru. 

Anda harus menampilkan lain daripada yang lain. Amati cara kompetitor memasarkan produk. Apa kelemahan dari mereka sehingga Anda bisa menerapkan pada bisnis Anda lebih baik. Ketika Anda bisa mengelola pasar baru dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi patron dalam berbisnis. 

Mengganti Produk atau Layanan

Ada saat ketika Anda perlu mengganti sebuah produk. Barangkali dalam setahun, produk yang Anda luncurkan tidak memenuhi target. Maka, Anda perlu melakukan inovasi produk. Sama halnya ketika Anda mengalami stagnan dalam pelayanan. Anda perlu melakukan inovasi agar pelayanan terhadap pelanggan lebih menarik. Sehingga, pelanggan pun tidak segan untuk berbisnis dengan Anda.

Ketika Anda telah memahami pentingnya manajemen keuangan bagi bisnis, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.  

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Jika Anda berjualan di media sosial seperti Instagram ataupun menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan Xendit dengan fitur payment link. Buat payment link melalui dasbor Xendit Anda, tanpa memerlukan skill teknis sedikit pun. Bagikan link yang Anda buat kepada pelanggan dan Anda akan dapat menerima berbagai metode pembayaran yang terintegrasi dengan Xendit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!


Efek linear wipe berfungsi untuk menganimasikan


3.) Urgensi retargeting sangat berguna kepada traffic, manakah yang bukan merupakan istilah dalam traffic?​


usaha yang dilakukan agar kegiatan wirausaha terus mengalami kemajuan​


pendapat tentang Permasalahan SDM dan Manajemen UMKM​


Contoh kasus pengaplikasian Business Process


Contoh kasus pengaplikasian Business Process


Sesuai dengan situasi dunia saat ini, dalam mengatasi kondisi perekonomian Indonesia khususnya sebagai dampak penyebaran COVID-19, sebutkanlah dan jel


askan tugas Bank Indonesia yang dapat ditempuh dari aspek kemanusiaan dan ekonomi untuk mengatasi dampak kepada masyarakat, UMKM, dan dunia usaha! ​


menurut pendapatmu, apakah menggunakan media sosial itu efektif untuk meningkatkan omset/keuntungan? jelaskan!​


Jelaskan tujuan pengambilan keputusan cepat


1. Ada berapa teori etika yang kamu pahami? Jelaskan! 2. Etika selain mempunyai pengertian sebagai moralitas juga sebagai filsafat moral/ ilmu, dan sa


lah satu pendukung pengertian etika sebagai ilmu adalah Magnis Suseno beliau mengatakan etika lebih menitikberatkan refleksi kritis dan rasional. Berikan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari implementasinya seperti apa. 3. Pengertian etika tentunya berbeda dengan etiket karena etiket muncul karena adanya interaksi dalam pergaulan/kelompok. Berikan contoh etiket komunikasi sebagai pegawai baru (minimal 5 contoh)! 4. Berikan contoh etiket komunikasi antara bawahan kepada atasan (minimal 5 contoh)!​

Leave a Comment