Jelaskan tujuan peluang usaha dan Contohnya

Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda melakukan analisis peluang usaha. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis Anda itu supaya berhasil meraih sukses. 

Di sini akan dijelaskan cara melakukan analisis peluang usaha yang tepat untuk membuat ide bisnis (business plan) Anda dieksekusi secara tepat dan Anda pun berhasil meraih target yang diimpikan.

Baca juga: Beda FIFO, LIFO, FEFO, Average di Persediaan Stok Barang

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Sebelum benar-benar melakukan bisnis, analisis peluang usaha adalah kegiatan yang perlu dilakukan untuk Anda lebih serius dalam menjalankannya. 

Analisis usaha adalah analisis yang Anda lakukan pada bisnis Anda mulai dari perencanaan operasional, riset produk, memprediksi pasar, dan evaluasi suatu bisnis.

Kegiatan ini tidak hanya digunakan untuk Anda yang baru mendirikan bisnis. Apabila Anda ingin ekspansi seperti meluncurkan produk terbaru juga perlu melakukan analisis ini terlebih dulu. 

Anda juga membutuhkan data-data yang akurat yang berkaitan dengan bisnis Anda, baik itu dari yang sifatnya internal hingga ke faktor eksternal.

Setelah melakukan analisis ini, Anda pasti jadi mengetahui banyak hal terkait bisnis. Hal itu karena Anda mencoba untuk memetakan bisnis pada posisi yang tepat, Anda juga jadi mengenalnya dengan baik. Anda pun akan mudah mengambil keputusan nantinya,

Baik usaha kecil atau perusahaan yang besar, analisis usaha penting untuk dipraktikkan. Bahkan untuk pebisnis yang memiliki modal banyak, mereka akan bersedia mengeluarkan uang lebih untuk kegiatan ini dengan mengundang para profesional.

Bisnis memang layak untuk dijalankan secara serius karena keuntungan yang Anda dapatkan hasilnya juga akan bagus.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Analisis usaha dibuat untuk menentukan strategi bisnis yang tepat. Tujuan lainnya pun tidak kalah penting. Ini penjelasannya.

1. Mencegah kebangkrutan usaha

Bangkrut adalah salah satu risiko yang sering menghantui para pengusaha. Bangkrut artinya usaha Anda tidak beroperasi lagi karena kerugian yang dialami terlampau besar. 

Supaya kebangkrutan tidak terjadi, analisis peluang usaha adalah kunci awal yang perlu Anda tempatkan di pintu pertama dimulainya usaha.

Pada analisis usaha, Anda tidak hanya akan memikirkan cara-cara meraih untung, tapi juga mencari jalan untuk menghadapi risiko yang akan ditemui oleh pengusaha.

Tidak jarang pebisnis pemula langsung gagal di bisnis pertama karena belum banyak pengalaman. Namun, dengan analisis peluang usaha, pebisnis pemula sangat mungkin langsung berhasil di percobaan pertama.

2. Memiliki gambaran tentang nilai produk

Anda juga jadi akan memiliki gambaran apakah produk yang dimiliki oleh perusahaan bisa diterima baik oleh publik atau tidak.

3. Menentukan pemasaran yang tepat

Setiap usaha pasti memerlukan pemasaran agar bisa dikenal oleh calon konsumen. Setiap produk memiliki jalan promosinya sendiri, jadi tidak bisa disamaratakan. Anda perlu mengenal produk dengan baik untuk menentukan bentuk promosi yang pas.

4. Memahami persaingan di pasar

Analisis usaha juga akan membantu Anda dalam menemukan siapa saja pesaing Anda. Lalu, strategi apa yang akan Anda lakukan untuk menghadapi para pesaing itu.

Persaingan pasar memang tidak terhindarkan, tapi pasti Anda jadi semangat berbisnis. 

Persaingan pasar yang dihadapi akan membuat usaha Anda jadi lebih baik dari yang pernah Anda bayangkan. Jadi, persaingan jangan dianggap sebagai beban.

5. Mengetahui bahwa usahanya layak untuk dijalankan

Ketika hal-hal di atas sudah Anda temukan jawabannya, Anda pun akan paham bahwa usaha atau proyek yang hendak Anda jalankan itu memang layak untuk dieksekusi. 

Anda tinggal mencari sumber daya manusia yang ahli untuk membantu Anda dalam menjalankan rencana-rencana Anda itu. 

Metode Analisis Peluang Usaha yang Bisa Digunakan

Anda tidak perlu bingung melakukan analisis usaha karena bisa mengandalkan salah satunya adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), menggunakan business plan, studi kelayakan usaha, dan lainnya.. 

Sebagai pebisnis, Anda wajib memahami berbagai analisis ini. Mudah dipelajari dan dilakukan karena sudah banyak contoh praktiknya yang tersebar di internet. Anda tinggal terapkan saja sesuai dengan usaha Anda.

Ini dia penjelasan mengenai analisis usahanya.

1. Analisis SWOT

Analisis ini membantu Anda dalam menemukan kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman. Analisis ini dibagi menjadi faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kekurangan usaha. Lalu, faktor eksternal yang berkaitan dengan peluang usaha dan ancaman.

Anda bisa memulai analisis SWOT dengan menjabarkan apa saja kekuatan bisnis, kemudian kekurangan. Anda perlu melakukan riset mendalam untuk menemukan peluang dan ancaman karena berkaitan dengan bagian eksternal usaha.

Anda akan lebih mengenali usaha dan berusaha menemukan jawaban yang tepat untuk menjadikan usaha lebih baik.

2. Analisis 5W + 1 H

Biasanya analisis ini digunakan untuk menulis berita, tapi Anda juga bisa menggunakannya untuk menganalisis bisnis secara akurat.

Analisis ini mungkin yang paling sederhana. Analisis ini terdiri dari pertanyaan yang perlu Anda jawab dimulai dari What, Where, When, Why, Who, dan How.

Misalnya, Anda bisa memulainya dari bisnis apa yang Anda dirikan, kapan bisnis itu Anda dirikan, mengapa Anda harus mendirikan bisnis itu, dan sebagainya.

3. Menggunakan business plan

Analisis ini dijamin akan membantu Anda untuk mendirikan usaha yang terarah. Apalagi jika Anda ingin meraih dana dari pihak luar. Tidak hanya Anda, orang lain pun perlu mengenal bisnis yang ingin Anda jalankan.

Business plan yang tersusun rapi akan membantu Anda menemukan investor yang bersedia menyalurkan dana pada Anda.

Komponen di dalam business plan cukup banyak karena Anda perlu juga untuk memproyeksikan bisnis yang Anda jalankan di masa depan.

4. Studi kelayakan usaha

Ada lagi analisis peluang usaha yang disebut dengan studi kelayakan bisnis. Analisis ini diperlukan oleh Anda yang baru mendirikan usaha. 

Di sini Anda akan mencari tahu apakah ide bisnis yang Anda buat itu benar-benar bisa diaplikasikan atau tidak. Studi ini mudah juga dilakukan untuk pebisnis mula, jadi coba saja dulu siapa tahu metode ini pas untuk Anda.

Baca juga: Ini Dia Cara Jualan Hingga Kelebihan Jadi Bukalapak Seller

Itulah penjelasan mengenai analisis usaha yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha. Analisis ini akan diperlukan untuk usaha yang pertama atau pelaksanaan proyek lanjutan. Usaha kecil juga perlu melakukan analisis untuk bisa mengeksekusi rencana bisnis secara rapi. Semoga informasinya bermanfaat.

Siapkan Modal Cukup untuk Bisnis Anda dengan Pinjaman di Modal Rakyat

Modal merupakan elemen penting untuk mendirikan atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Jangan sampai keterbatasan modal membuat Anda masih berdiri di tempat yang sama.

Anda bisa mendapatkan modal secara dengan pengajuan pinjaman di Modal Rakyat. Jumlah dana yang dapat Anda ajukan adalah Rp500 ribu hingga dana maksimal Rp2 miliar

Besaran bunga yang harus dibayarkan nanti akan sesuai dengan profil risiko yang dimiliki usaha Anda. Modal Rakyat siap membantu menyediakan dana untuk Anda.

Pengertian Peluang Usaha – Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mencari peluang usaha tampaknya belakangan ini menjadi hal yang digadang-gadang  bakal dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat khususnya anak muda. Hal tersebut beriringan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilihat dapat membantu kegiatan wirausaha dapat lebih berkembang. Sebut saja seperti bisnis online yang berkat kemajuan teknologi internet belakangan ini dapat dengan mudah kita jumpai ragamnya di berbagai platform media. 

Membuka usaha sendiri tampaknya memang menjadi sesuatu yang menjanjikan apalagi di tengah keadaan di mana pekerjaan semakin sulit dicari. Sebagai orang yang ingin terjun di dunia bisnis tentunya kita harus paham dengan berbagai keadaan yang ada di sekitar, mulai dari sumber daya yang dimiliki, kondisi masyarakat, kondisi ekonomi negara, dan lain sebagainya. Salah satu yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi mereka yang ingin memulai bisnisnya sendiri adalah memahami adanya peluang usaha. Peluang usaha dapat diartikan sebagai kesempatan untuk mencapai suatu tujuan bisnis. 

Seperti apa macam peluang usaha dan bagaimana strategi untuk mendapatkannya? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peluang usaha, simak langsung saja penjelasannya di bawah berikut ini, ya.

Baca juga : 8 Rekomendasi Universitas Yang Bisa Kuliah Sambil Kerja Di Yogyakarta

Pengertian Peluang Usaha

Sebelum membahas strategi dan macam peluang usaha, akan lebih baik jika kita memahami pengertian peluang usaha terlebih dahulu. Lantas apa peluang usaha itu? 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peluang usaha secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuan bisnis ini dapat berupa keuntungan, uang hingga kekayaan yang dicapai dengan cara melakukan usaha tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. 

A. Menurut KBBI

Melihat dari asal katanya peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu “peluang” dan “usaha”. Peluang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kesempatan; ruang gerak, baik yang konkret maupun abstrak yang memberikan kemungkinan bagi suatu kegiatan untuk memanfaatkannya dalam usaha mencapai tujuan. 

Sementara usaha berarti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan, perbuatan, ikhtiar, upaya untuk mencapai sesuatu. KBBI pun mengartikan dua kata tersebut, peluang usaha, sebagai peluang atau kesempatan tertentu yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk melakukan atau membangun usaha. 

B. Menurut Thomas W. Zimmer

Thomas W. Zimmer menyebut peluang usaha sebagai sebuah inovasi dan kegiatan kreatif yang diciptakan guna mencapai pemecahan masalah dengan melihat kesempatan yang ada. 

C. Menurut Arif F. Hadipranata

Sementara itu, cukup berbeda dari kedua pengertian di atas, Arif F. Hadipranata menyebut peluang usaha sebagai sebuah resiko yang harus dihadapi oleh seorang individu atau kelompok dalam mengelola dan mengatur segala urusan yang berkaitan dengan finansial atau keuangan.

D. Menurut Robbin & Coulter

Robbin & Coulter mengartikan peluang usaha sebagai seluruh proses yang berkaitan dengan keterlibatan individu atau kelompok dalam memanfaatkan sarana tertentu guna menciptakan suatu nilai tambah demi memenuhi kebutuhan.

Pentingnya Menemukan Peluang Usaha

Menemukan peluang usaha tentunya menjadi memiliki berbagi keuntungan apalagi jika nantinya peluan usaha yang kita temukan bisa menjadi usaha atau bisnis yang memberi keuntungan. Beberapa manfaat dari peluang usaha di antaranya adalah:

  1. Mengajarkan mandiri terutama secara finansial sejak dini
  2. Memungkinkan kita untuk mencapai potensi diri sepenuhnya
  3. Meningkatkan kemampuan berjejaring (networking) dan bersosialisasi
  4. Peluang untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat dan negara tinggi yaitu dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
  5. Peluang untuk mendapatkan keuntungan berupa profit tinggi.

Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Memahami pengertian peluang usaha saja tidak cukup. Beragamnya peluang usaha yang dapat kita temukan terkadang membuat kita bingung dalam pemilihannya. Kita pun dituntut untuk bisa menentukan peluang usaha seperti apa yang baik dan sesuai dengan keadaan dan sumber daya yang kita miliki.

Nah, agar bisa memilih peluang usaha yang tepat, berikut ada beberapa gambaran umum mengenai ciri-ciri atau karakteristik dari peluang usaha yang baik.

  1. Punya nilai jual
  2. Bukan bisnis musiman
  3. Memiliki nilai berkelanjutan dan dapat bertahan lama (sustainable)
  4. Memiliki potensi di mana skala usaha bisa berkembang menjadi lebih besar
  5. Memiliki sifat nyata dan bukan sekedar ambisi saja
  6. Modal usaha yang tidak terlalu besar
  7. Memiliki keuntungan (profit) yang menjanjikan.

Strategi Menemukan Peluang Usaha

Untuk menemukan peluang usaha terdapat beberapa strategi atau langkah yang bisa kita ikuti, yaitu di antaranya adalah:

  1. Menentukan terlebih dahulu sumber peluang usaha yang akan kita cari. Sumber peluang usaha bisa dari diri sendiri seperti hobi, keahlian, hingga latar belakang pendidikan, dan lain sebagainya.
  2. Menentukan sektor yang tepat untuk kita geluti. Selain mencari sumber peluang usaha kita juga harus bisa menentukan sektor yang tepat untuk kita geluti dan kuasai. Misalnya apakah akan berfokus pada sektor jasa layanan atau produk.
  3. Fokuskan pada potensi kekuatan produk yang memiliki peluang usaha agar nantinya dapat memiliki nilai jual yang tinggi.
  4. Terus evaluasi serta berdayakan peluang yang kita miliki agar bisa menjadi sebuah produk.

Sumber Peluang Usaha

Setelah memahami pengertian, manfaat, strategi juga ciri-ciri dari peluang usaha yang baik, kita mungkin akan bertanya-tanya: dari mana peluang usaha didapatkan? Sumber peluang usaha bisa berasal dari mana saja selama mempunyai nilai jual dan memiliki potensi memberikan keuntungan (profit). Untuk lebih mudahnya, berikut ada penjelasan mengenai beberapa sumber peluang usaha yang bisa kita temukan.

1. Peluang Usaha dari Diri Sendiri.

Peluang usaha bisa kita temukan dari diri sendiri diantaranya melalui keahlian yang dimiliki juga hobi yang dilakukan. Sudah bukan hal jarang orang-orang membuka usaha bisnis yang pada awalnya dimulai dari keahlian hingga hobinya di waktu senggang. Misalnya seseorang yang suka mendesain baju bisa menemukan peluang usaha untuk menciptakan brand bajunya sendiri. Orang yang hobi berkebun misalnya, bisa menemukan peluang bisnisnya dengan menjual alat-alat berkebun seperti pupuk, media tanam, pot bunga hingga tanamannya.

2. Dari Melihat Keahlian dan Hobi Orang Lain.

Tidak hanya dari keahlian dan hobi diri sendiri, kita juga bisa menemukan peluang usaha dari keahlian serta hobi yang dimiliki orang lain. Hal ini memungkinkan kita untuk kemudian melakukan kerjasama dengan orang yang memiliki keahlian dan hobi tersebut. Dengan kerja sama seperti itu kita bisa melakukan usaha dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki orang lain. 

3. Dari Latar Belakang Pendidikan

Masih berkaitan dengan keahlian yang dimiliki, latar belakang pendidikan seseorang tentunya punya pengaruh terhadap keahliannya di bidang tertentu. Seperti misalnya, orang dengan latar belakang pendidikan tata boga pastinya akan memiliki keahlian dalam bidang masak memasak. Keahlian memasak ini pun bisa menjadi peluang usaha membuka jasa boga atau katering, membuka rumah makan, kafe, toko roti, dan lain sebagainya.

4. Melihat orang lain.

Peluang usaha dari orang lain maksudnya kita bisa menemukan peluang usaha melalui pengalaman, masalah hingga keluhan yang dialami oleh orang-orang di sekitar kita. Misalnya pandemi COVID-19 yang menyebabkan perkuliahan harus dilakukan secara daring membuat mahasiswa rantau kebingungan karena barang-barang di kos mereka banyak yang masih tertinggal dan belum sempat dikirim ke rumah. Masalah ini pun dijadikan peluang usaha oleh beberapa mahasiswa asal untuk membuka jasa layanan antar barang-barang kos yang belum sempat dikirimkan. Menemukan peluang usaha dari masalah yang dialami orang lain berarti menuntut kita menemukan solusi dari masalah tersebut yang kemudian bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

5. Partnership (Kerja Sama)

Kita bisa menemukan peluang usaha dari kerjasama dengan suatu supplier produk atau jasa. Kerjasama dengan supplier terbilang cukup mudah karena kita cukup melakukan usaha melalui pemasaran atau kegiatan brandingnya saja. Kegiatan seperti analisis konsumen tidak perlu diperhatikan karena biasanya sudah dilakukan oleh supplier produk atau jasa tersebut. Beberapa contoh jenis usaha seperti ini adalah reseller produk-produk tertentu seperti buku, baju, makanan, dan lain sebagainya. 

6. Riset dan Penelitian

Peluang usaha melalui riset berarti kita dapat mencari peluang usaha melalui kegiatan riset atau penelitian tentang kondisi pasar seperti perilaku konsumen, potensi kompetitor, kondisi demografis, sosial-ekonomi masyarakatnya dan lain sebagainya. Riset pasar secara umum memang menjadi hal penting yang harus dilakukan ketika akan memulai suatu bisnis. Melalui riset seperti ini tentunya akan memudahkan kita untuk menemukan peluang usaha yang sesuai dan memiliki potensi keuntungan yang tinggi.

Baca juga: Personal Branding: Penjelasan Arti dan Manfaat

Macam – Macam Peluang Usaha

Lantas, macam peluang usaha apa saja sih yang bisa kita lakukan? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat berbagai macam peluang usaha di luar sana yang bisa kita lakukan. Untuk memberikan gambaran tentang macam peluang usaha berikut ada beberapa peluang usaha yang terbukti cukup memberi keuntungan di antaranya adalah. 

  1. Usaha dropshipper dan reseller
  2. Usaha jasa penulisan artikel
  3. Blogger dan vlogger profesional
  4. Usaha jasa desain grafis
  5. Usaha pembuatan website

Reseller sebagai Peluang Usaha yang Menguntungkan

Untuk kita yang sampai sekarang masih kebingungan mencari pekerjaan; baru lulus sekolah atau kuliah dan tidak punya penghasilan, mahasiswa juga karyawan yang butuh uang saku dan penghasilan tambahan dan siapapun yang ingin melakukan usaha dengan keuntungan yang menjanjikan, menjadi reseller ternyata bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan lho. 

Reseller merupakan pihak yang melakukan kegiatan pemasaran dengan membeli barang dari supplier atau penyedia produk/jasa dengan harga yang murah untuk kemudian dijual kembali ke masyarakat luas. Kegiatan reseller terbilang cukup mudah karena cukup melakukan kegiatan pemasaran saja. Usaha ini sangat sesuai untuk kita yang ingin melakukan bisnis dengan modal kecil tetapi untung tetap maksimal. 

Menjadi reseller juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus oleh orang-orang dengan pengetahuan ekonomi atau bisnis yang tinggi. Asal kita punya modal untuk membeli produk dari supplier kita sudah bisa menjadi reseller. 

Untuk lebih jelasnya tentang reseller, berikut ada beberapa keuntungan apabila kita menjadi reseller, nih:

  1. Menjadi reseller memiliki peluang keuntungan yang lebih besar. Karena kita membeli produk dari supplier dengan jumlah banyak kita bisa memperoleh harga beli yang murah. Modal yang kita keluarkan pun jadi cenderung tidak begitu besar. Dengan modal kecil, kita tetap bisa mendapatkan keuntungan besar karena kita bisa menjual kembali barang yang kita dapatkan dengan harga rendah dari supplier tadi.
  2. Potensi pemasukan yang cepat. Mengingat kegiatan usahanya yang bisa kita lakukan sendiri dan tidak memerlukan bantuan pekerja lain pemasukan dari menjadi reseller pun bisa mengalir dengan cepat karena tidak adanya beban usaha lain yang harus dikeluarkan.
  3. Terjalinnya komunikasi yang baik dan erat dengan pelanggan. Menjadi seorang reseller memungkinkan kita untuk menjalin komunikasi dengan baik juga erat dengan konsumen atau pelanggan kita. Hal ini mengingat komunikasi dapat dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara pihak sekian. Komunikasi yang terjalin dengan baik pun akan sangat menguntungkan usaha kita nantinya dalam hal menciptakan nilai kesetiaan (loyalitas) pelanggan.
  4. Hematnya waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Keuntungan selanjutnya tentunya berkaitan dengan waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Mengingat tugasnya yang berfokus pada kegiatan pemasaran saja, menjadi reseller berarti kita cukup memikirkan tentang komunikasi kepada pelanggan saja. Kita tidak perlu memikirkan tentang kegiatan produksi seperti pengemasan hingga desain produk.

Baca juga : Pengertian Bisnis Plan: Jenis, Cara Membuat Dan Contoh

Bagaimana? Sekarang sudah paham kan tentang macam pengertian peluang usaha yang bisa kita bisa pertimbangkan potensi bisnisnya? Semoga dengan artikel ini kita bisa menemukan peluang usaha dan mulai mengelola bisnis yang menjanjikan.

Yuk Join menjadi reseller buku dengan deepublish, banyak untung dan tampa modal besar kamu bisa sukses. Informasi lebih lanjut kunjungi : Gabung Reseller Buku Deepublish

Leave a Comment