Jelaskan satu contoh bentuk interaksi makhluk hidup dan benda mati dalam suatu lingkungan

ilustrasi – Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD halaman 24 25 26 27 28 Subtema 1 Pembelajaran 3.

TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD/MI Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 24, 25, 26, 27, dan 28.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orang tua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Kunci jawaban ini berdasarkan soal terbuka dan merupakan jawaban optional.

Sebaiknya, orang tua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal.

Kemudian, orang tua wajib mendampingi anak untuk memahami makna setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 189, 190, 191, 192, 193, 194 dan 195 Subtema 4

Kunci Jawaban Halaman 24 – 26

Ayo Membaca

Manusia dengan Lingkungan Alam

Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.

Interaksi makhluk hidup dengan benda mati atau segala sesuatu yang tidak hidup akan membentuk ekosistem. Contoh interaksi makhluk hidup dengan benda mati yaitu:

  1. Manusia dan hewan memerlukan oksigen untuk bernafas
  2. Manusia dan hewan memerlukan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang
  3. Manusia dan hewan memerlukan air untuk minum
  4. Ikan, penyu, kura – kura, dan tumbuhan air memerlukan air sebagai tempat tinggal
  5. Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan suhu yang optimal untuk bertahan hidup
  6. Manusia memerlukan batu, pasir, semen, tanah, air, dan api untuk membangun rumah
  7. Tumbuhan memerlukan air, karbon dioksida, dan sinar matahari untuk melangsungkan proses fotosintesis
  8. Tumbuhan memerlukan zat hara untuk tumbuh dan berkembang
  9. Udara memerlukan tumbuhan untuk memproduksi oksigen
  10. Tanah memerlukan dekomposer untuk menguraikan makhluk hidup yang telah mati menjadi zat – zat yang dapat menyuburkan tanah
  11. Cacing tanah memerlukan tanah sebagai tempat tinggal
  12. Manusia membutuhkan api untuk memasak makanan

Interaksi antara Makhluk Hidup dan Benda Mati. (Foto: https://pixabay.com)

Dikutip dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII yang ditulis oleh Tim Ganesha Operation (2017: 89), ekosistem adalah kesatuan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan biotik dan dan abiotiknya. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dilihat bahwa komponen ekosistem dibagi menjadi dua unsur, yaitu biotik dan abiotik. Unsur biotik adalah makhluk hidup yang dibedakan menjadi produsen, konsumen, dan pengurai, sedangkan unsur abiotik adalah benda mati atau benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, cahaya, dan suhu.

Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati.

Interaksi antara Makhluk Hidup dan Benda Mati. (Foto: https://pixabay.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ekosistem atau lingkungan alam terdiri dari makhluk hidup (biota) dan benda mati (abiota). Di dalam lingkungan alam tersebut, terdapat bentuk interaksi dalam lingkungan alam antara makhluk hidup dan benda mati.

1. Pengaruh atau interaksi benda mati terhadap makhluk hidup

Beberapa komponen benda mati sangat berpengaruh terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan, contohnya pengaruh cahaya matahari pada tumbuhan. Dalam proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk mengubah CO2 dan H2O menjadi karbohidrat (C6H12O6).

Contoh benda mati lainnya yang berpengaruh terhadap makhluk hidup adalah suhu, tanah, air, udara, dan lain-lain.

2. Pengaruh atau interaksi komponen makhluk terhadap benda mati

Komponen makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya, cacing tanah berperan penting dalam proses penguraian tanah di daratan. Cacing tersebut memakan daun-daun mati dan sisa-sisa makhluk hidup lainnya. Selain cacing, tumbuhan juga berpengaruh terhadap tanah, misalnya menahan erosi permukaan tanah dan membantu menjaga kesuburan tanah.

Selain bentuk interaksi dalam lingkungan alam antara makhluk hidup dan benda mati, ada pula interaksi antara makhluk hidup. Interaksi tersebut membentuk pola yang berbeda-beda. Bentuk interaksi di antara makhluk hidup dapat berupa simbiosis, kompetisi, predasi, dan antibiosis. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)

Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 25 26 27 28 29 30 33 36 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa Sajakah Interaksi yang Terjadi dalam Lingkungan Alam di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 27

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!

3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati!

Jawaban : Salah satu contohnya adalah daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk dan memiliki cadangan air yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik.

4. Jelaskanlah interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya!
5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui!

Jawaban, buka disini: Jelaskan Interaksi Antara Manusia dengan Lingkungan Alamnya Berikan Contoh

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 27 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Leave a Comment