Jelaskan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa nasional di benua Australia

Menelusuri perubahan dalam Bahasa Inggris dialek Australia atau dikenal sebagai Australian English, sama dengan menjelajahi cerita tentang perjalanan negara itu sendiri.

Menurut penulis Australia Kel Richards, sejak tiba pertama kalinya di benua kanguru lebih dari 200 tahun silam, Bahasa Inggris telah beradaptasi dan menyesuaikan diri hingga mencapai bentuk dialek yang seperti saat ini.

“Menelusursi cerita tentang Australian English sejak tahun 1788 hingga kini, sama dengan menapaki perjalanan bangsa ini,” jelas Richards kepada Dominic Knight dari ABC.

Poin pertama yang perlu diperhatikan, menurut dia, adalah konsep kita tentang bahasa.

“Ada yang bilang sekarang sudah tidak ada lagi Bahasa Inggris (sebagaimana aslinya). Yang ada hanyalah berbagai dialek Bahasa Inggris,” ujarnya.

“Kita memiliki dialek (Australia), secara kebetulan, dan merupakan dialek paling berwarna dan terbaik dibandingkan dialek yang lainnya,” kata Richards, yang menulis buku The Story of Australian English.

Menurut Richards, aksen Australia dalam Bahasa Inggris muncul pertama kalinya saat orang Eropa menjejakkan kaki di benua ini tahun 1788.

“Ini muncul dari proses yang disebut penyesuaian sebab saat ini mereka yang datang ke sini dengan 11 kapal berasal beragam dialek di Eropa,” tuturnya.

“Cara bicara mereka sudah berbeda, penggunaan kata-katanya berbeda, sehingga memaksa mereka untuk menyesuaikan dialek masing-masing sehingga bisa berkomunikasi dengan baik,” katanya.

Sekitar 50 tahun sejak koloni Inggris terbentuk di Australia, menurut Richards, para penutur Bahasa Inggris di sini sudah mengklaim bahwa dialek Australia merupakan yang paling murni.

“Proses terbentuknya dialek Australia ini berlangsung cepat,” tambahnya lagi.

Dia menjelaskan, satu abad sejak kedatangan orang Inggris itu, munculnya gerakan sosial di tahun 1880an dan 1890an mengubah Bahasa Inggris Australia untuk selamanya.

“Hal itu dimulai dengan bagaimana berbicara di depan umum secara jelas dan mereka memilih satu dialek yaitu dialek asal wilayah selatan Inggris,” jelasnya.

“Dialek ini yang diakui benar dan dialek lainnya tidak lagi diakui,” kata Richards.

Belakangan, kata Richards, muncul lagi dialek lainnya yang merupakan reaksi terhadap gerakan sosial di tahun 1880an.

“Pada tahun 1950an, para peneliti bahasa merekam cara berbahasa Inggris orang-orang tua di wilayah pedalaman New South Wales dan Tasmania,” katanya.

Kata-kata dialek Australia ini di antaranya dipungut dari serapan terminologi militer dan bahasa aborigin.

“Biasanya orang akan menanyakan warga setempat bagaimana mereka menyebut satu objek,” jelasnya.

Dalam terminologi dialek yang dipergunakan para kriminal waktu itu, terekam berbagai istilah tidak formal yang masih sering dipergunakan hingga saat ini.

“Kata seperti swag (barang curian), kemudian luluh maknanya menjadi sebungkus barang (tidak lagi harus barang curian),” katanya.

“Cerita dialek Australia sejak tahun 1788 hingga kini adalah kisah bangsa kita sendiri,” ujar Richards.

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Jakarta

Suku asli atau penduduk asli Australia merupakan sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang pertama kali mendiami wilayah Australia. Apa suku asli Australia?

Dilansir dari laman resmi Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, suku asli Australia adalah pewaris salah satu tradisi kebudayaan tertua dunia yang masih langgeng.

Mereka telah berdiam di Australia selama lebih dari 40.000 tahun dan mungkin hingga 60.000 tahun. Lantas siapa suku asli Australia?

Berikut ini ulasan tentang suku asli Australia yang dikutip dari laman australia.com.

Suku Asli Australia Adalah …

Orang Pribumi Australia telah tinggal di daratan luas negeri ini selama puluhan ribu tahun lamanya. Mereka adalah budaya tertua yang masih hidup di dunia, dan identitas serta semangat mereka yang unik tetap ada di setiap sudut negeri ini.

Suku asli Australia adalah suku Aborigin. Mereka pertama kali menempati daratan utama Australia dan Tasmania.

Tak hanya suku Aborigin, Australia juga memiliki pribumi lain yang masuk ke negara bagian Queensland yakni penduduk pribumi Kepulauan Selat Torres.

Meski menjadi pribumi pertama, keberadaan orang Aborigin dan Penduduk Torres Strait Islands mewakili kurang dari empat persen populasi Australia.

  • Filosofi Hidup Suku Aborigin

Di Australia, pemikiran “berada di negeri” menjadi inti filosofi hidup Aborigin. Dalam budaya Aborigin, orang dan tanah menyatu menjadi bagian dari satu sama lain.

Sikap orang Aborigin memiliki sisi lain yang unik dan penuh arti, seperti merasakan garis tipis oker di sepanjang dahi, maupun berjalan di sepanjang pantai dengan tetua Aborigin yang dapat membaca ombak dari kicauan burung.

Meski Budaya Aborigin digambarkan dengan serius dan spiritual, namun orang Aborigin terkenal karena bersahaja.

Budaya Aborigin bersifat holistik, ditentukan oleh hubungannya dengan keluarga, masyarakat, dan negeri.

Orang Aborigin percaya bahwa tanah (atau negeri) adalah sesuatu yang menentukan mereka. Aborigin juga memiliki pandangan yang unik dalam menggambarkan diri mereka berdasarkan tempat asal.

Orang Aborigin dari daerah pesisir menggambarkan diri mereka sebagai “orang air asin”, mereka yang berasal dari kawasan sungai adalah “orang air tawar”, dan yang berasal dari kawasan tengah yang kering adalah “orang gurun”.

Sebagai suku asli Australia, suku Aborigin dan penduduk Kepulauan selat Torres memiliki bahasa yang membedakan dengan kelompok Australia lainnya.

Bahasa suku Aborigin dikenal dengan bahasa Aborigin. Sementara bahasa penduduk Kepulauan Selat Torres dikenal dengan bahasa Kriol Selat Torres.

Berbeda dengan bahasa nasional yang digunakan orang Australia kebanyakan yakni bahasa Inggris Australia, keberadaan bahasa Aborigin dan Kriol Selat Torres hingga saat ini terus mengalami kepunahan.

  • Makanan Khas Suku Aborigin

Suku asli Australia adalah aborigin menghasilkan banyak keberagaman. Adapun, tersedia berbagai jenis makanan Aborigin dan makanan ala hutan semak. Makanan tersebut dikatakan ala hutan semak karena bersumber dari kedalaman hutan.

Dengan mengamati alam secara saksama, dan mengetahui kapan bunga tertentu mekar, buah matang, dan ikan serta hewan lebih berisi, orang Aborigin telah belajar bertahan selama puluhan ribu tahun.

Pengetahuan terhadap makanan alami tersebut diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga generasi sekarang bisa mencicipi makanan ala hutan semak tanpa harus mencarinya sendiri.

Detikers, sudah tahu kan suku asli Australia adalah aborigin?

Simak Video “Australia Perpanjang Lockdown di Sydney Selama Dua Minggu

(pay/pay)

Australia merupakan sebuah negara benua yang terletak di bagian selatan Benua Asia. Kota terbesar di negara ini adalah Sydney, namun ibu kota negaranya sendiri terletak di Canberra. Penduduk Australia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, sebab daratan ini merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (commonwealth).

Menurut sejarah, Benua Australia dihuni oleh penduduk asli bernama suku Aborigin, salah satu ras bangsa polinesia. Namun, setelah adanya eksplorasi dan ekspansi bangsa Eropa dalam menemukan “Dunia Baru”, Benua Australia lama kelamaan menjadi salah satu tanah jajahan bangsa Inggris dan memasukkan Benua Australia ke dalam negara persemakmuran, bersama Afrika Selatan, Malaysia, Hongkong, dan lainnya.

Setelah penaklukan Benua Australia, Inggris menjadikan benua terkecil ini sebagai ‘tanah pembuangan’ bagi para narapidana yang dianggap meresahkan masyarakat Inggris dan para pembangkang kerajaan Inggris. Kemudian, Benua Australia menjadi tempat ras Eropa, selain suku Aborigin.

Pemerintahan negara Australia masih mengekor pada kerajaan Inggris, dengan Ratu sebagai simbol pemerintahan, dan diwakili Gubernur Jenderal sebagai pemimpin negara, dengan menganut sistem monarki konstitusional ini.

Baca Juga

Berdasarkan kedudukan garis lintang astronomisnya, Benua Australia terletak pada 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Letak astronomi Benua Australia ini, berada di bagian bumi belahan selatan dan sebagian besar perbatasannya dikelilingi oleh samudera dan lautan yang mengitari benua ini. Daratan ini memiliki luas 7.686.850 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 35 juta jiwa.

Benua Australia mencakup daratan Australia yang utama, pulau di Papua Nugini dan juga pulau kecil di sekitarnya.

Advertising

Advertising

Secara geografis, hanya ada tiga negara di Benua Australia, yaitu Australia, Papua Nugini, serta sebagian dari wilayah Indonesia saja. Meski demikian, jika dihitung negara di kawasan Oceania maka untuk total keseluruhan negaranya adalah 14 negara.

  • Bagian Utara berbatasan dengan wilayah Indonesia yaitu Laut Arafuru dan Laut Timor.
  • Bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Antartika.
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
  • Bagian timur berbatasan dengan Laut Coral, Laut Tasmania, dan Samudera Pasifik.

Letak Geologis Benua Australia

Benua Australia letaknya ada di bagian bumi timur, belahan bumi selatan. Letak inilah yang menjadikan Australia juga kerap disebut dengan “benua bawah”. Untuk alam Australia sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini letak geologis Benua Australia:

  • Daerah bagian timur Australia diisi dengan barisan pegunungan memanjang mulai dari Tanjung York di bagian utara hingga ke Pulau Tasmania.
  • Daerah bagian barat Australia diisi dengan dataran tinggi yang biasa disebut Perisai Australia. Mayoritas wilayah bagian barat dan tengah adalah gurun pasir yakni Gurun Gibson serta gurun Victoria (lihat disini gurun terluas di dunia).
  • Daerah tengah di antara pegunungan timur dan dataran tinggi barat adalah lembah Murray Darling serta dataran rendah Danau Eyre. Danau Eyre ini pun menjadi danau yang paling besar di Australia.

Negara Bagian di Australia

1. New South Wales (801.600 km2)
Ibu kota: Sydney

2. Victoria (227.600 km2)
Ibu kota: Melbourne

3. Queensland (1.727.200 km2)
Ibu Kota: Brisbane

4. Australia Barat (2.525.500 km2)
Ibu kota: Perth

5. Australia Selatan (984.000 km2)
Ibu kota: Adelaide

6. Tasmania (67.800 km2)
Ibu kota: Hobart

7. Australia Utara (1.346.200 km2)
Ibu kota: Darwin

8. Wilayah Ibu Kota Australia (2400 km2)
Ibu kota: Canberra

Baca Juga

Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki 3 wilayah iklim.

1. Iklim tropis, terletak di 10’LS – 23’LS terdapat di Australia bagian utara.

2. Iklim subtropis, terletak di 23’LS – 35’LS terdapat di Australia bagian selatan.

3. Iklim sedang, terletak di 35’LS – 44’LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania.

Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudera, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalirnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembab, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wilayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

Populasi

Berdasarkan sejarahnya, Benua Australia dihuni oleh suku asli Aborigin, namun seiring dengan perkembangan jaman benua ini juga dihuni oleh suku bangsa lainnya. Menurut data kependudukan tahun 2003 jumlah penduduk Australia adalah 19,9 juta dengan pertumbuhan penduduk sekitar 0,6 persen per tahunnya. Suku bangsa yang mendiami Benua Australia antara lain suku bangsa Eropa (ras kulit putih), Asia (ras kulit kuning), dan Aborigin (ras Melanisia dan Polinesia).

Sektor Industri

Benua Australia memiliki sektor industri yang beragam. Sektor industri ini meliputi pertanian dengan hasil pertanian mencakup gandum, tebu, padi, kapas, buah-buahan, dan jagung; peternakan meliputi biri-biri dan sapi perah dan pedaging; pertambangan mencakup tambang emas, bijih besi, batu bara, minyak bumi, dan alumunium; industri berat meliputi industri wool, susu, gula, mesin, tekstil, elektronika, pertanian, besi dan baja, dan penyulingan minyak.

Baca Juga

Australia memiliki nama resmi yaitu the Commonwealth of Australia dengan beribu kota di Canberra. Bentuk negara adalah kerajaan konstitusional dengan kepala negara adalah Ratu Elizabeth dan kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Inggris dengan agama mayoritas adalah Kristen. Mata uang yang berlaku adalah Dolar Australia dan memiliki lagu kebangsaan yaitu God Save the Queen.

Selain karakteristik Benua Australia tersebut di atas, Benua Australia juga memiliki karakteristik yang lain, yaitu:

  • Benua ini merupakan benua terkecil jika dibandingkan dengan luas wilayah benua lainnya;
  • Benua ini hanya didiami oleh satu negara saja, berbeda dengan benua-benua lainnya yang dihuni oleh lebih dari satu atau beberapa negara;
  • Benua ini adalah benua kedua yang terletak di bagian selatan setelah benua Antartika
  • Memiliki hewan endemik yang khas yaitu hewan kanguru, platypus (sejenis berang-berang), dan burung Kiwi;
  • Merupakan benua yang memiliki suku asli yaitu Aborigin; dan
  • Mayoritas penduduknya adalah ras kulit putih.

Australia sebagai negara yang terdapat di belahan bumi selatan juga melakukan kerja sama dengan negara tetangga, salah satunya Indonesia. Kerja sama yang dilakukan dengan Indonesia meliputi bidang perdagangan dengan kegiatan ekspor dan impor dimana selama ini Indonesia selalu mengimpor daging sapi dan wool dari Australia. Selain perdagangan, dalam bidang pendidikan, Australia dan Indonesia melakukan kerja sama dengan memberikan beasiswa melalui pemerintah Australia kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut ke Australia. 

Flora dan Fauna

Pohon kayu eukaliptus dan pohon kayu akasia merupakan tanaman yang paling umum dijumpai di Benua Australia. Ada lebih dari 500 jenis eukaliptus dan lebih dari 700 jenis kayu akasia di tempat ini.

Hutan tropis dan hutan sedang dijumpai di tempat yang curah hujannya banyak. Di hutan ini ada banyak pohon besar dan berbagai jenis tanaman lain. Hutan ini ada di daerah tropis yang panas dan lembab di Queensland, di daerah pantai Australia bagian timur dan di Tasmania yang beriklim sedang, basah, dan sejuk.

Di hutan yang terletak di daerah tropis ada pohon anggur dan pohon kelapa sawit. Hutan jenis ini ada hubungannya dengan hutan yang ada di Indonesia dan di Asia Tenggara. Hal ini karena dulu pada zaman es permukaan laut yang lebih rendah telah menghubungkan Australia dengan Irian Jaya sehingga hutan-hutan ini meluas.

Di daerah-daerah yang beriklim sejuk dan sedang, juga ada pohon pakis dan lumut di hutan ini serta pohon beech yang berasal dari benua Antartika.

Hewan Australia yang paling terkenal adalah hewan marsupial (berkantung) yang disebut kanguru dan koala Di antara hewan-hewan Australia yang luar biasa adalah platypus dan trenggiling yang keduanya adalah jenis monotrem yakni hewan mamalia tak bergigi dan berlobang satu untuk bertelur dan buang air.

Keuntungan Letak Geografis Benua Australia

Benua Australia memiliki dua iklim yakni iklim tropis serta iklim sedang dimana terbagi dalam dua zona. Berikut ini keuntungan letak geografis Benua Australia yang perlu Anda tahu:

  1. Banyaknya kawasan subur di Australia menjadikan pertanian dan juga peternakan adalah keunggulan di Benua Australia. Tentu Anda tahu jika Australia selalu ekspor sapi dan gandum terbesar.
  2. Letaknya berhubungan dengan kawasan Oceania dan juga Asia dimana menjadi jalur perdagangan penting dan sibuk.
  3. Australia pun juga memiliki kekayaan tambang dan juga banyak cadangan energi sehingga menjadikannya negara industri. Beberapa kekayaan tambang seperti minyak bumi, bijih besi dan lain sebagainya.

Leave a Comment