Gerakan pertama pada tari bungong jeumpa dilakukan selama hitungan

Foto: Kumparan

Bungong Jeumpa adalah lagu daerah dari Aceh. Dilansir dari “Ensiklopedi Aceh: Adat, Bahasa, Geografi, Kesenian, Sejarah”, Alamsyah (2008, 132), bungong jeumpa dapat diartikan sebagai bunga kantil atau cempaka di dalam bahasa Indonesia.

Lagu bermelodi indah ini tentu juga diapresiasi lewat seni tari bungong jeumpa.

Gerakan Dasar Tari Bungong Jeumpa dari Aceh

Tarian ini dimainkan oleh 8 penari perempuan. Berikut adalah gerakan dasar dari tarian bungong jeumpa:

1. Ayunkan kedua tangan ke atas, jinjit dan hentakkan sebanyak 2 kali ke kanan. Kemudian jinjit dan hentakkan sebanyak 2 kali ke kanan dengan hitungan 4×8.

2. Menghadap serong ke kanan dan tarik 2 jari yang telah dirapatkan ke atas. Langkahkan kaki kanan ke depan, tarik tangan ke bawah, lalu mundurkan kaki kanan. Kemudian menghadap serong ke kiri dan tarik 2 jari yang telah dirapatkan ke atas. Langkahkan kaki kiri ke depan bergantian dengan kaki kaki kanan masing-masing sebanyak dua kali dua kali dengan hitungan 2×8.

3. Hadapkan kedua telapak tangan satu sama lain lalu balik ke kanan dan kiri secara bergantian. Jalankan dan ayunkan kaki di tempat dengan hitungan 4×8.

4. Pegang bahu dengan kedua tangan lalu dorong tangan ke depan. Luruskan jari tangan mengarah ke atas. Langkahkan kaki ke kanan dan kiri secara bergantian dengan hitungan 2×8.

Lirik Lagu Bungong Jeumpa (Bahasa Aceh)

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Acèh

Bungong teuleubèh, teuleubèh indah lagoë na

Putéh kunèng meujampu mirah

Bungong siulah indah lagoë na

Lam sina buleuën, lam sina buleuën angèn peuayôn

Rurôh meususôn, meususôn, nyang mala-mala

Mangat that mubèë meunyo tatém côm

Leupah that harôm si bungong jeumpa

Lirik Lagu Bungong Jeumpa (Bahasa Indonesia)

Bunga cempaka, bunga cempaka terkenal di Aceh

Putih kuning bercampur merah

Mekar sekuntum indah rupawan

Dalam sinar bulan, dalam sinar bulan angin ayunkan

Gugur bersusun, bersusun, yang sudah layu

harum baunya kalau ingin dicium.

Alangkah harum si bunga cempaka

Itulah lirik lagu dan penjelasan mengenai gerakan dasar tari bungong jeumpa. Semoga bermanfaat.

Tari Bungon Jeumpa duduk Foto: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan beraneka macam kesenian, salah satunya tari. Banyak orang mungkin lebih familiar dengan Tari Saman dari Aceh. Padahal masih banyak seni tari lainnya yang dimiliki Aceh seperti Tari Rebana, Tari Poh Kipah, dan Tari Bungong Jeumpa.

Dalam Jurnal Ilmiah Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B oleh Siti Marta Yuliastut dkk, keunikan Tari Bungong Jeumpa yakni gerakannya lebih banyak fokus di tangan dan kaki.

Menariknya, tarian ini hanya diiringi dengan suara manusia yang berupa nyanyian. Mengutip buku Rangkuman Materi: Kelas 4 SD Tematik Kurikulum 2013 Revisi, Bungong Jeumpa sendiri merupakan salah satu lagu daerah yang paling terkenal di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Bungong Jeumpa merupakan nama sebuah bunga yang terdapat di Aceh. Bungong Jeumpa bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Bunga Cempaka dan merupakan salah satu lambang daerah.

Konon Jeumpa berasal dari kata sebuah kerajaan yang dulu pernah berjaya di nusantara yakni Kerajaan Jeumpa. Lagu “Bungong Jeumpa” ditulis oleh Ibrahim Abduh berdasarkan ikhtisar Raja dari Kerajaan Jeumpa yang ditulis dalam bentuk hikayat.

Menurut Sejarah, kerajaan Jeumpa sendiri berkembang sejak abad ke-7 Masehi. Daerah Kerajaan Jeumpa berada di Kabupaten Bireuen, Aceh atau dikenal dengan Aceh Jeumpa.

Tari Bungong Jeumpa terdapat dua macam, yaitu berdiri dan duduk. Berikut adalah penjelasan perbedaan gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri maupun duduk yang perlu kamu ketahui.

Gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam Posisi Berdiri

  • Kedua tangan berada di atas dengan posisi kaki jinjit setelah itu dihentakkan sebanyak dua kali ke arah kanan dan ke kiri. Delapan hitungan masing-masing dengan empat kali pengulangan.

  • Badan menyerong kanan dengan kedua jari tangan dirapatkan dan ditarik ke atas sehingga posisi kaki kanan ke depan. Ketika tangan ditarik ke bawah maka kaki kanan digerakkan mundur. Setelah itu, bergerak ke arah sebaliknya, masing-masing delapan hitungan dengan dua kali pengulangan.

  • Gerakan sama seperti gerakan kedua dan diulang sebanyak delapan hitungan di setiap arah.

  • Tangan diluruskan ke depan dengan tatapan mata menghadap tangan. Kedua tangan dibolak balik ke kanan dan kiri. Kemudian kaki bergerak jalan di tempat sambil diayun sebanyak delapan hitungan dan empat kali pengulangan

  • Terakhir yaitu kedua tangan memegang bahu, kemudian membuat gerakan mendorong ke depan, tangan dalam posisi lurus dan jari tangan diarahkan ke atas. Kaki digerakan maju dan bergantian ke kanan dan kiri sebanyak delapan hitungan dengan dua kali pengulangan.

Gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam Posisi Duduk

Berikut adalah gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk berdasarkan buku Rangkuman Materi: Kelas 4 SD Tematik Kurikulum 2013 Revisi.

  • Tangan kanan di bahu dan tangan kiri di paha, ditepuk dua kali secara bersamaan, lakukan secara bergantingan kanan dan kiri. Hitungan 4 x 8.

  • Tangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku. Tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku. Kemudian tepuk 2 x, dilakukan bergantian dengan hitungan 2 x 8.

  • Kedua tangan tepuk lurus ke depan, tepuk ke tengah, tepuk ke atas. Tepuk ke tengah, ketika tepuk atas badan diangkat Hitungan 4 x 8.

  • Kedua tangan memegang lantai lantai dengan posisi serong ke kanan dan ke kiri. Tangan ditarik lurus ke atas, serong ke kanan dan ke kiri bergantian dengan hitungan 2 x 8.

Leave a Comment