Faktor dominan yang menentukan kecepatan renang gaya bebas adalah

Renang adalah olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga mengalirkan oksigen lebih banyak ke setiap sel organ tubuh.

Hal ini memungkinkan jantung dan paru untuk bekerja lebih efisien serta meningkatkan kapasitas kerjanya. Semakin stabil detak jantung dan laju pernapasan saat beraktivitas, semakin baik pula kebugaran jasmani Anda. Pada akhirnya, Anda dapat beraktivitas fisik seperti biasa tanpa cepat merasa capek, serta dapat bernapas lebih baik lagi.

3. Menjaga tensi dan kadar gula darah stabil

Manfaat berenang juga tak kalah baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Aktivitas renang membantu meningkatkan kebugaran jantung. Jantung yang bekerja lebih efisien saat memompa darah bisa membuat tekanan darah Anda lebih terkontrol.

Sirkulasi darah yang baik juga membantu peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih maksimal membakar cadangan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi.

Mengutip jurnal Hormone Molecular Biology And Clinical Investigation pada 2019 menyebutkan berenang membantu peningkatan sensitivitas insulin dengan mengurangi faktor penyebab komplikasi diabetes. Alhasil, kadar gula darah dalam tubuh Anda bisa lebih terjaga.

4. Membakar lemak lebih efektif

Renang termasuk olahraga untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori. Berenang gaya dada bolak-balik selama 10 menit bisa membakar hingga 60 kalori.

Anda bisa membakar 200 kalori hanya dengan berenang santai selama 30 menit. Bahkan, jumlah pembakaran kalori ini lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. Pembakaran lemak biasanya terjadi 20 menit setelah berenang, sebab tubuh Anda akan lebih dulu membakar karbohidrat cadangan, baru membakar lemak setelahnya.

Jika ingin berat badan cepat turun, sebaiknya Anda rutin berenang minimal 30 menit per hari. Semakin cepat dan jauh jarak yang Anda tempuh saat berenang, otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak.

Untuk pemula, cobalah berenang selama 10 menit lebih dahulu, kemudian tingkatkan durasi dan jarak secara bertahap. Jangan lupa, manfaat berenang untuk menurunkan berat badan akan lebih maksimal jika mengimbanginya dengan pola makan sehat dan seimbang.

5. Mencegah risiko penyakit kronis

Rutin berenang bisa membantu Anda menjaga dan menguatkan fungsi jantung. Detak jantung yang semakin kuat dan stabil juga bisa menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Penelitian yang dimuat International Journal Of Biological Macromolecules pada 2018 juga membuktikan bahwa berenang dengan pengobatan tertentu mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah. Berenang juga termasuk jenis olahraga yang efektif meringankan sakit punggung bawah atau low-back pain kronis.


sebutkan bentuk-bentuk pemanasan​


variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, loncat, lempartolong jawab cepet ya plisss sama penjelasannya ya….​


Tuliskan cara melakukan variasi dan kombinasi pola gerak bertumpu tolakan berputar dan mendarat pada guling ke samping​


tuliskan tiga aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai menggunakan alat​


Penggunaan jalan raya diatur oleh.. ​


guling lenting dilakukan dengan meluncurkan kedua kaki ke depan setelah tengkuk menempel matras dengan sumber gerakan dari a pinggang P pangkat C deng


an D tungkai​


Gerakan meroda mengandalkan kekuatan otot …. a. bahu c. kaki b. lengan d. tungkai Pendidikan Jasmani, Olahraga,​


Seorang dikatakan bugar jika mampu melakukan segala aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa mengalami hambatan adalah​


daya tahan tubuh yang diberikan dalam bentuk kegiatan adalah​


sebutkan jenis jenis bola besar dan bola kecil?​

Teknik renang gaya bebas yang baik dan benar harus memperhatikan posisi kaki, tangan, badan, dan cara bernapas. Menggerakkan kaki terlalu kencang adalah salah satu kesalahan yang paling banyak terjadi.

07 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri

Ditinjau olehdr. Reni Utari

Teknik renang gaya bebas yang benar bisa mengurangi risiko cedera

Renang gaya bebas adalah salah satu teknik berenang yang dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dan mengepakkan kaki di permukaan air secara beriringan sehingga badan bisa bergerak maju.Meski terhitung sebagai salah satu gaya renang paling populer, belum banyak orang yang bisa mempraktikkan teknik renang gaya bebas dengan baik dan benar. Padahal dengan teknik yang baik, risiko cedera bisa dikurangi dan manfaat bisa didapatkan secara maksimal.Manfaat renang gaya bebas sendiri bukan hanya membantu membakar kalori. Lebih dari itu, olahraga yang satu ini juga akan menyehatkan berbagai organ vital yang ada di tubuh, termasuk jantung.

Teknik renang gaya bebas yang baik dan benar

Renang gaya bebas mungkin terlihat sebagai salah satu teknik renang yang paling sederhana. Namun sebenarnya, di balik itu ada beberapa teknik kunci yang sering dilupakan orang. Berikut teknik renang gaya bebas yang baik dan benar.

Posisi kepala saat melakukan teknik renang gaya bebas yang benar

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat melakukan renang gaya bebas adalah posisi kepala yang cenderung melihat ke depan.Dalam teknik renang yang benar, posisi kepala seharusnya selalu melihat ke bawah. Posisikan juga kepala dalam satu garis lurus dengan garis tengah tubuh, tidak terlalu ke bawah maupun ke atas.Jika Anda memposisikan kepala terlalu ke atas atau melihat ke depan, maka otomatis tubuh akan terdorong ke bawah. Akibatnya, Anda akan semakin sulit bergerak maju dan kecepatan berenang menjadi lambat.Saat berada di dalam air, bayangkan ada garis lurus yang membelah tubuh menjadi dua bagian. Saat melakukan teknik renang gaya bebas, posisikan tubuh Anda berada di tengah-tengah garis tersebut.Jika tubuh terlalu miring ke salah satu sisi, maka risiko cedera bahu bisa meningkat dan energi yang dikeluarkan jadi kurang efisien.Dalam teknik renang gaya bebas yang benar, berikut ini posisi tangan yang perlu diperhatikan:

  • Telapak tangan tidak boleh terbuka lebar
  • Posisikan jari-jari saling rapat satu sama lain dan bersama telapaknya, membentuk sedikit cekungan atau seperti cup. Hal ini perlu dilakukan agar saat menggerakkan tangan, air tidak lewat di sela-sela jari dan memperlambat gerakan.
  • Ujung jari tengah harus menjadi bagian tangan yang masuk pertama ke dalam air.
  • Jangan menggerakkan lengan kanan dan kiri bergantian hingga membentuk gerakan seperti kipas atau kincir.
  • Saat melakukan gaya bebas, ada waktu ketika salah satu lengan berada di atas permukaan air, dan yang satunya lagi di bawah. Saat ada satu lengan di atas, tangan yang ada di bawah air harus menunggu.
  • Waktu tangan yang di atas air sudah kembali masuk ke dalam air, barulah tangan yang di bawah air perlahan bergerak ke atas.
  • Posisi tangan yang berada di dalam air harus lurus sejajar dengan posisi badan.
  • Tempatkan pergelangan tangan lebih rendah dari siku. 

Contoh posisi kaki saat melakukan teknik renang gaya bebas

Salah satu kesalahan paling umum bagi perenang pemula adalah menendang terlalu kencang saat melakukan gaya bebas. Menggerakkan kaki saat melakukan teknik renang gaya bebas, bisa diibaratkan seperti sedang berjalan santai, bukan berlari.Posisi kaki yang benar pada teknik renang gaya bebas adalah lurus dan rapat, dengan sedikit pergerakan dari lutut ke bawah.Sementara itu untuk bergerak maju, sendi pergelangan kaki harus digerakkan lentur dan perlahan, seperti sedang berjalan. Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kaki, harus didapatkan dari pinggul dan bukan dari tendangan keras.Teknik bernapas dalam renang gaya bebas yang benar adalah:

  • Tidak mengangkat kepala terlalu dekat dengan waktu mengambil napas.
  • Posisikan kepala seperti sedang beristirahat menghadap samping, tapi pastikan bahu tidak terlalu tenggelam ke dalam air.
  • Saat menghadap samping, biarkan satu sisi mata masih berada di dalam air, begitu juga dengan ujung kepala.
  • Posisikan yang ada di atas permukaan air hanyalah satu sisi mata, mulut, dan dagu.
  • Lalu saat mengambil napas, dekatkan mulut dan dagu ke arah ketiak dan bukan sepenuhnya ke arah luar. 

Kesalahan teknik bernapas akan membuat pinggul dan kaki turun atau semakin tenggelam, sehingga Anda akan butuh usaha ekstra untuk menggerakkannya.Baca Juga: 16 Manfaat Renang untuk Kesehatan

Kesalahan yang sering dilakukan saat renang gaya bebas

Meski gaya bebas gerakannya terlihat sederhana, namun masih ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para perenang, seperti:

  • Mengambil napas terlalu dini, sehingga tubuh tidak terdorong maju melainkan terangkat ke permukaan air
  • Terlalu lambat mengambil napas sehingga posisi siku terlalu turun 
  • Pergerakan kaki kurang rileks 
  • Sikap tubuh tidak lurus 
  • Posisi siku saat melakukan ayunan ke atas, terlalu lurus padahal seharusnya membentuk sudut sekitar 90 derajat
  • Kesalahan saat melakukan dorongan di awal 

Manfaat renang gaya bebas

Jika teknik renang gaya bebas dilakukan dengan benar, maka manfaat yang bisa didapatkan pun akan semaki maksimal. Berikut ini manfaat renang gaya bebas.Renang gaya bebas adalah jenis gaya renang yang paling banyak membakar kalori setelah gaya kupu-kupu, sehingga dapat membantu menjaga berat badan. Jika Anda melakukan gaya renang ini selama 30 menit, maka sudah ada 300 kalori yang bisa terbakar dari tubuh.Gerakan-gerakan yang dilakukan saat Anda mempraktikkan teknik renang gaya bebas yang benar, akan membantu membentuk otot perut, dada, dan bokong. Gaya renang ini juga dinilai paling efektif untuk membentuk otot punggung.Tidak hanya membentuk otot organ luar, renang gaya bebas juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa berenang secara teratur bisa menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.Berenang dianggap baik untuk pengidap penyakit asma karena bisa menambah kapasitas paru-paru dan melatih pernapasan. Namun, zat kimia yang ada di kolam renang bagi beberapa pengidap asma, bisa memicu kekambuhan.Sehingga sebelum berenang, pastikan bahwa kolam yang digunakan bebas dari bahan-bahan yang membahayakan.
Selain asma, orang dengan mulitple scelrosis juga bisa diuntungkan dengan olahraga ini. Berada di dalam air akan membuat tubuh bagian pinggang ke bawah, terasa lebih ringan.
Renang gaya bebas maupun teknik renang lainnya, bisa membantu orang yang sulit tidur atau bahkan insomnia, untuk tidur lebih nyenyak. Namun untuk mendapatkan manfaat ini secara jangka panjang, Anda perlu berenang dengan rutin.Untuk bisa menguasai teknik renang gaya bebas, memang diperlukan latihan yang tekun dan berkala.

Baca Juga

Kenali Gerakan Senam Jantung Sehat yang Bisa Dilakukan di RumahJangan Malas Latihan Peregangan, Ini Gunanya untuk Tubuh7 Jenis Olahraga untuk Anak Tanpa Alat dan Tempat LuasJika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat renang untuk kesehatan maupun pertimbangan terapi renang untuk penyembuhan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.olahragatips olahragaberenang

Team USA. https://www.teamusa.org/usa-triathlon/news/blogs/multisport-lab/2019/january/11/10-common-freestyle-swim-mistakes-and-how-to-correct-them/
Diakses pada 23 September 2020
US Sports Camp. https://www.ussportscamps.com/tips/swim/freestyle-swimming-ten-tips-to-improve-your-technique
Diakses pada 23 September 2020
My Swim Pro. https://myswimpro.com/blog/2019/06/06/how-to-swim-freestyle-with-perfect-technique/
Diakses pada 23 September 2020
Just Swim. https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss
Diakses pada 23 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming
Diakses pada 23 September 2020
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132300163/pendidikan/gaya-bebas-crawl.pdf
Diakses pada 24 Februari 2021

Tips bersepeda agar tidak cepat lelah bisa Anda pelajari khususnya jika Anda seorang pemula. Saat Anda akan mulai memilih sepeda, pastikan Anda paham betul untuk apa sepeda yang ingin Anda beli.

Makan setelah olahraga merupakan aktivitas yang penting dilakukan untuk mengembalikan energi dan membangun otot tubuh. Untuk mendapat manfaat tersebut, makanan yang Anda konsumsi harus mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

16 Nov 2020|Bayu Galih Permana

Seperti namanya, lying leg raise dilakukan dengan mengangkat kaki setinggi mungkin sambil tiduran. Cobalah olahraga ini di rumah, apartemen, maupun kos.

Dijawab Oleh dr. Aisyah Nur Ramadhani

Dijawab Oleh dr. Farahdissa

Dijawab Oleh Tim Dokter Sehatq

Leave a Comment