Dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen.

a. Penjualan personal (personal selling)

Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu. Sistem komunikasi antara perusahaan dan konsumen dilakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi dengan cara penjualan personal banyak dilakukan untuk produk-produk jasa, distribusi, perdagangan, dan lain-lain. Penjualan personal digunakan jika anggaran promosi tidak terlalu besar.

Ikan adalah komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan. Melalui sistem komunikasi diharapkan calon pelanggan bisa melihat, mendengar, membaca, mengenal dan akhirnya tertatik dengan produk yang diiklankan di sebuah media, misalnya spanduk, banner, internet, radio, atau televisi.

c. Promosi penjualan (sales promotion)

Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk.

  • Cara Berdagang Online Dengan 3 Langkah

d. Publikasi (publication)

Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.

Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.

f. Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase)

Kegiatan dan rencana untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha. Foto: Unsplash

Kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, publikasi.

Kegiatan tersebut yang mampu membuat produk lebih mudah dikenal oleh para konsumen atau pelanggan. Tujuan melakukan promosi, yakni:

  1. Mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan terhadap suatu barang atau produk.

  2. Membentuk citra produk atau brand di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan oleh penjual atau pemilik brand.

  3. Bersaing dengan kompetitor. Ini merupakan tujuan promosi yang paling utama yang paling sering dilakukan oleh sebuah brand.

  4. Meningkatkan keuntungan. Jika tujuan promosi tercapai dan branding yang dilakukan tercapai, bukan tidak mungkin penjualan resmi.

  5. Menggaet calon konsumen baru. Bukan hanya untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan lama terhadap produk, tujuan promosi juga sekaligus untuk mendapatkan pelanggan baru.

  6. Menyebarkan informasi. Ini menjadi tujuan dasar dari promosi sebuah produk atau brand.

Kegiatan dan Rencana yang Bisa Dilakukan untuk Mengomunikasikan Produk dan Merk Usaha

Penjualan personal jadi salah satu kegiatan dan rencana mengomunikasikan produk dan merk. Foto: Unsplash

Berikut adalah penjelasan tentang kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Menurut buku Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu karya Morrisan, M.A, penjualan personal adalah suatu bentuk komunikasi langsung antara seorang penjual dengan calon pembelinya.

Dalam hal ini, penjual berupaya untuk membujuk para calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Para penjual biasanya membangun komunikasi dengan melakukan beberapa hal berikut ini, yakni:

  • Mengenalkan manfaat produk

  • Mendidik calon pelanggan sehingga mengetahui, mengenal, dan mengerti cara serta fungsi produk yang ditawarkan

  • Melakukan pendekatan persuasif kepada calon pelanggan agar membeli produk

  • Meyakinkan dan membuat calon pelanggan percaya akan keunggulan produk yang ditawarkan

Dalam buku Respon Terhadap Merk karena Pengaruh Gangguan Penayangan Iklan di YouTube karya Dr. Agie Hanggara, M.Pd, disebutkan bahwa periklanan merupakan suatu alat yang memerlukan pembayaran sebagai media komunikasi dari suatu sumber daya.

Periklanan juga didesain untuk memengaruhi penerima untuk mengambil suatu keputusan saat ini maupun masa datang.

Tujuan dari periklanan, yakni:

  • Membentuk permintaan awal sehingga perusahaan perlu menginformasikan nilai dan manfaat yang ada di produk

  • Menciptakan minat dan pembelian produk atau jasa tersebut

  • Menstimulasi pembelian ulang konsumen terhadap produk tersebut

  • Meyakinkan pembeli bahwa keputusan untuk membeli adalah hal yang tepat

Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk kepada para konsumen. Secara tidak langsung, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respons pasar.

Publikasi terdiri dari beberapa hal yaitu pengaturan komunikasi massa di luar iklan dan juga promosi penjualan. Publikasi terdapat secara editorial di semua media yang dibaca, dilihat, maupun didengar oleh konsumen. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat merek secara manual.


Page 2

Leave a Comment