Dalam paragraf induktif yang disampaikan lebih dahulu adalah kalimat

Apa itu ide pokok paragraf? Ide pokok atau gagasan utama dalam paragraf adalah topik inti pembahasan dari suatu paragraf. Di samping ide pokok, ada juga kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan gagasan dari ide pokok tersebut.

Ide pokok paragraf bisa berada di awal maupun di akhir. Paragraf yang ide pokoknya terdapat di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sedangkan paragraf yang ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut paragraf induktif. 

Di samping itu, ada juga paragraf campuran yang mengandung ide pokok paragraf di awal dan di akhirnya.

Ilustrasi ide pokok paragraf (Dok. Zenius)

4 Ide Pokok Paragraf dan Contoh Soalnya

Paragraf Deduktif

Sederhananya, pada paragraf deduktif ide pokok kalimat tersebut terletak pada awal tulisan. Karena disampaikan di awal, alur tulisannya pun menjadi khusus – umum. 

Maksudnya, hal-hal yang sifatnya inti disampaikan terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukkan hal-hal yang sifatnya mendukung. Lebih jelasnya, coba simak contoh soal ide pokok paragraf dalam teks berikut. 

Ada berbagai macam sistem pemerintahan di dunia ini. Di antaranya adalah monarki, republik, hingga parlementer. Sistem pemerintahan monarki dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Pergantian pemimpin biasanya terjadi saat raja atau ratu mangkat. Negara yang menganut sistem monarki contohnya adalah Arab Saudi. Negara yang menganut sistem pemerintahan republik dipimpin oleh seorang presiden. Pergantian pemimpinnya diatur oleh konstitusi. Contoh dari negara republik adalah Indonesia yang dipimpin presiden dan diadakan pemilihan umum setiap 5 tahun sekali untuk mengganti presiden. Sedangkan negara dengan sistem pemerintahan parlementer dipimpin oleh seorang Perdana Menteri tetapi juga bisa seorang presiden, tergantung konstitusi negara bersangkutan. Beberapa negara yang menganut sistem tersebut adalah India, Australia, dan Afrika Selatan. 

Kalimat yang diberi warna merah adalah inti dari tulisan tersebut. Ide pokok paragraf tersebut adalah kalimat yang berada di awal tulisan. Berarti, tulisan tersebut merupakan paragraf deduktif.

Paragraf Induktif

Apabila deduktif menyajikan ide di awal atau pembukaan tulisan, sebaliknya dengan induktif. Paragraf induktif menampilkan ide pokoknya di akhir tulisan. Karena letak idenya ada di akhir, alurnya pun menjadi umum ke khusus. 

Tulisan diawali oleh hal-hal yang bersifat umum dan setelahnya baru masuk ke inti persoalan. Coba simak tulisan di bawah ini. 

Setelah terjadi gempa dahsyat beberapa bulan yang lalu, warga RW 07 Kelurahan Indonesia Berduka masih tinggal di tenda pengungsian. Hal ini membuat para warga mulai merasa resah karena warga di RW lain sudah mulai tinggal di perumahan yang disediakan oleh pemerintah. Terlebih lagi, kondisi tenda pengungsian sebenarnya tidak begitu layak huni. Sanitasinya buruk dan akses menuju air bersih sangatlah jauh di mana warga harus menempuh jarak 3 kilometer untuk sampai di mata air terdekat. Melihat keadaan yang demikian, pemerintah seharusnya tidak melupakan nasib warga RW 07 meski telah mencukupi hak-hak warga RW lain. 

Nah, dalam tulisan di atas ide pokok paragraf tersebut adalah kalimat yang terletak di akhir paragraf. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tulisan tersebut bisa masuk sebagai paragraf induktif. 

Paragraf Campuran

Sebagaimana namanya, paragraf ini merupakan perpaduan antara induktif dan deduktif. Pada paragraf campuran ide pokok berada di awal dan akhir tulisan. Alurnya pun menjadi khusus ke umum lalu ke khusus lagi. 

Korupsi adalah hal yang membahayakan bagi kesejahteraan masyarakat dan sudah selayaknya kita marah. Bagaimana tidak, coba hitung jumlah belanja Anda dalam sepekan terakhir. Anggaplah pengeluaran Anda berada pada angka 500 ribu rupiah. Uang sebesar itu ternyata tidak semuanya berubah menjadi barang atau jasa. Ada sekian persen dari uang tersebut yang berubah menjadi pajak seperti pajak penambahan nilai misalnya, anggaplah sebesar 20 ribu rupiah. Anda bukanlah satu-satunya rakyat Indonesia. Di luar sana ada jutaan rakyat lain yang juga berbelanja dengan nilai berbeda-beda. Dari belanja merekalah negara memperoleh salah satu sumber keuangannya. Nah, uang pajak tersebut ternyata disalahgunakan oleh seorang oknum untuk berlibur ke Jepang bersama keluarganya. Tindakan tersebut merupakan tindakan korupsi yang pastinya melanggar hukum. Dengan keadaan yang demikian, bukankah seharusnya Anda merasa marah kepada koruptor tersebut?

Paragraf Deskriptif 

Selain di awal atau di akhir paragraf, ada juga paragraf yang ide pokoknya diletakkan di semua bagian paragraf. Jika ide pokok yang ingin disampaikan ada di seluruh paragraf, paragraf itu disebut paragraf deskriptif

Oke, itu dia tadi gue bahas soal macam-macam paragraf beserta ide pokok paragraf masing-masing. Sobat Zenius masih butuh pembahasan materi soal Bahasa Indonesia yang lainnya? Elo bisa klik link ini ya.

Atau elo bisa juga cari-cari materi melalui link ini, ada pembahasan soal teks observasi, teks eksposisi, sampai teks negosiasi. Sampai jumpa di artikel lainnya, ya!

Baca Juga Artikel dari Zenius Lainnnya

Materi Bahasa Indonesia Tentang Gagasan Utama
Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Ceramah
Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Argumentasi 
Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi
Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Deskripsi

Originally published: December 23, 2019
Updated by: Arum Kusuma Dewi

Kalimat utama menjadi bagian penting dalam sebuah tulisan. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok atau gagasan pokok. Memahami tentang kalimat pokok menjadi sebuah keharusan jika Anda ingin membaca atau membuat sebuah tulisan.

Untuk mengetahui kalimat utama dalam sebuah tulisan sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa ciri khusus dari kalimat pokok. Penasaran apa saja ciri-cirinya? Berikut penjelasannya.

Sebelum mempelajari tentang ciri-ciri kalimat pokok, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu definisi dari kalimat ini.

Kalimat ini diartikan sebagai kalimat yang mengandung pokok pikiran paragraf dan kalimat jabaran yang isinya penjebaran dari pokok pikiran tersebut. Pengertian lain dari kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau ide utama paragraf.

Baca Juga

Untuk mengenali kalimat utama, Anda bisa mengetahuinya dengan memahami ciri-ciri dari kalimat ini. Adapun ciri ciri kalimat utama sebagai berikut:

  1. Kalimat lengkap yang berdiri sendiri.
  2. Mengandung permasalahan potensial untuk dirinci atau diuraikan lebih lanjut.
  3. Mempunyai arti yang jelas tanpa perlu dihubungkan dalam kalimat lain.
  4. Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau frasa transisi.

Jenis-jenis Kalimat Utama

Jika dilihat dari posisinya, kalimat utama terbagi menjadi tiga jenis. Berikut uraiannya.

Advertising

Advertising

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal kalimat. Informasi dalam paragraf disampaikan mulai dari hal-hal umum kemudian ke hal yang lebih spesifik.

2. Paragraf Induktif

Berbeda dengan paragraf deduktif yang letak kalimat pokoknya di awal, pada paragraf induktif letak kalimat pokoknya justru di akhir paragraf. Informasi dalam pragraf ini disampikan dari hal yang bersifat khusus terlebih dahulu kemudian menuju hal yang lebih umum.

Kalimat utama dalam paragraf ini biasanya dalam bentuk simpulan dari sebuah topik. Pola paragraf ini menjadi lebih variatif karena tebagi lagi menjadi tiga jenis yaitu pola sebab akibat, generalis, dan analogi.

Baca Juga

Paragraf campuran merupakan perpaduan antara pragraf deduktif dan induktif. Sehingga, kalimat utama dalam paragraf ini ada dua macam yaitu di awal dan di akhir paragraf.

Pola yang dibentuk juga perpaduan antara dua paragraf tersebut. Dimulai dari pembahasan ke hal-hal umum lalu khusus kemudian kembali lagi ke hal umum.

Kalimat utama merupakan penyataan umum, sedangkan bagian akhir berupa simpulan. Hal penting diketahui bahwa kedua kalimat utama yang ada di awal dan akhir tidak boleh saling bertolak belakang.

Keduanya harus terkait satu dengan lainnya. Kalimat pokok yang ada di akhir, menjadi penegas dari kalimat pokok di awal paragraf.

Cara Membaca Kalimat Utama

Selain memahami ciri-ciri dan jenisnya, hal penting lain yang harus dipahami dari kalimat pokok yaitu cara membacanya. Berikut cara membaca kalimat utama dengan benar.

  1. Bacalah dengan tujuan untuk mendapatkan ide pokok secara tepat. Jangan membaca kata demi kata namun seraplah ide dan bergerak cepat agar tidak kehilangan pengertian.
  2. Membaca dengan cepat agar bisa mengerti ide bacaan dan teruslah membaca ke bagian lain.
  3. Kurangi mencari detail kecil, segeralah bereaksi terhadap ide pokok sebuah karangan.
  4. Terapkan kefleksibelan dalam membaca sebuah karangan.
  5. Sebisa mungkin membaca dengan cepat namun jangan tergesa-gesa. Sebab hal tersebut justru akan mempersulit pemahaman sebuah bacaan.
  6. Konstentrasi penuh pada ide dan gagasan dalam tulisan.

Jika menerapkan enam poin yang sudah diuraikan di atas, maka Anda akan dengan mudah memahami isi bacaan. Kalimat utama menjadi kunci agar Anda bisa memahami konteks atau isi dalam bacaan tersebut.

Baca Juga

Agar lebih memahami penjelasan di atas, berikut ini kami berikan beberapa contoh kalimat utama yang bisa dipelajari.

Contoh 1

Kesehatan dapat diperoleh melalui berbagai cara. Pertama, dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan tidak harus yang berat, bersepeda atau jalan santai juga bisa menjadi olahraga yang menyehatkan tubuh. Kedua, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Penuhi nutrisi harian seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Pembahasan: kalimat utama dalam pragraf di atas terletak di awal paragraf. Yaitu pada kalimat “kesehatan dapat diperoleh melalui berbagai cara”.

Baca Juga

Membuang sampah ke sungai bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Melakukan pemupukan tanaman dengan pupuk kimia juga bisa menyebabkan tanah tercemar dan rusak. Limbah industri yang tidak dikelola dengan semestinya dapat memperparah pencemaran di lingkungan sekitar. Itulah beberapa hal yang sering dilakukan manusia dan ternyata menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Pembahasan:  kalimat utama dalam pragraf di atas terletak di akhir paragraf. Yaitu pada kalimat “Itulah beberapa hal yang sering dilakukan manusia dan ternyata menjadi penyebab pencemaran lingkungan”.

Demikian penjelasan tentang kalimat utama mulai dari definisi sampai contohnya. Mempelajari kalimat utama akan semakin mudah, jika Anda sering membaca berbagai tulisan. Saat membaca secara tidak langsung Anda juga sedang mempelajari kalimat pokok dari bacaan tersebut.

Leave a Comment