Contoh gerak non lokomotor dalam permainan bola basket adalah

Bayu Dwi Mardana Kusuma Jumat, 2 Oktober 2020 | 05:15 WIB

Ilustrasi – Pemain Amartha Hangtuah, Abraham Wenas, kala melakukan tembakan bebas dalam laga semifinal Piala Presiden Bola Basket 2019 di GOR Sritex Arena, Solo, Sabtu (23/11/2019) (instagram.com/hangtuah.basketball)

Fotokita.net – Begini contoh-contoh gerakan lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam olahraga bola basket. 

Dalam permainan bola basket, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar lokomotor!

Pada permainan bola basket, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Gerak lokomotor dalam permainan bola basket meliputi kegiatan berjalan dan berlari.

Gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket, misalnya menekuk lutut sebelum mengoper bola dan menekuk siku sebelum menangkap bola.

Gerak manipulatif dalam permainan bola basket, misalnya menangkap bola, memantulkan bola, dan mengoper bola.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Kasti

Contoh Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket – Dalam permainan basket, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar nonlokomotor!

Apa sajakah bentuk variasi gerak nonlokomotor pada permainan bola basket? Pada permainan bola basket, ada beberapa variasi gerak nonlokomotor. Mari, ikuti pembelajaran materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Menekuk Kaki dan Membungkuk

Gerakan memantulkan bola dapat dilakukan di tempat. Bagaimana bentuk pembelajarannya? Pembelajaran ini dilakukan tanpa bola. Awalnya, posisi dalam sikap berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Kemudian, menekuk kaki dan badan agak membungkuk. Salah satu lengan (kanan misalnya) melakukan gerakan seolah-olah memantulkan bola. Lengan satunya (kiri) diangkat untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Amatilah gerak berdiri dan mengayunkan lengan seperti Gambar diatas. Praktikkan gerak tersebut bersama temanmu. Diskusikan cara melakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Kemudian, jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Bandingkan hasil pembahasanmu dengan materi berikut.

Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan seolah-olah memegang bola di depan dada. Ayunkan lengan dengan mendorong ke depan. Luruskan kedua lengan setinggi dada. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu dengan disiplin dan tanggung jawab.

3. Menarik dan Mengayunkan Lengan

Bagaimana variasi gerak menarik dan mengayunkan lengan? Variasi gerak dasar nonlokomotor ini dilakukan dengan kedua tangan. Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu.

Kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian, lakukan gerakan mengayunkan lengan ke badan. Tarik lengan mendekat badan dengan menekuk siku. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan tanggung jawab.

Bersama temanmu, lakukan variasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket. Lakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Lakukan pula gerak menarik dan mengayunkan lengan.

Lakukan variasi gerak ini dengan semangat. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara jujur dan santun.

Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Contoh gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket adalah… Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu wajib membaca dan memahami materi tentang gerakan dalam permainan bola basket, meliputi mengoper bola, menangkap bola dan menggiring bola.

Pada permainan bola basket, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor dalam permainan bola basket meliputi kegiatan berjalan dan berlari.

Gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket, misalnya menekuk lutut sebelum mengoper bola dan menekuk siku sebelum menangkap bola. Gerak manipulatif dalam permainan bola basket, misalnya menangkap bola, memantulkan bola, dan mengoper bola.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban :

Contoh gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket adalah . . . .

A. memantulkan bola
B. menekuk lutut
C. mengoper bola

D. menangkap bola

Contoh gerak nonlokomotor (tidak berpindah tempat) dalam permainan bola basket adalah (B) menekuk lutut kaki, sebab gerakan menekuk kaki tidak menyebabkan perpindahan tempat, dan tidak menggunakan benda.

Dalam permainan bola basket terdapat gerakan lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif.

  • Lokomotor dan Nonlokomotor, termasuk gerakan tanpa menggunakan benda di luar tubuh.
  • Manipulatif, termasuk gerakan dengan menggunakan benda di luar tubuh.

Lokomotor berarti gerakan berpindah tempat, sedangkan nonlokomotor berarti gerakan yang tidak berpindah tempat.

Kata NON, artinya tidak. Nah, dalam soal ini yang ditanyakan non lokomotor berarti termasuk gerakan tanpa benda dan gerakan tersebut tidak berpindah tempat.

Hmmm, kira-kira yang mana ya ?.

Contoh gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket adalah . . . .

Penjelasan

  • Maksud soal: gerakan nonlokomotor contohnya apa ?.
  • Kata kunci: tidak berpindah tempat.
  • Jawabannya adalah B.

Kata kuncinya adalah nonlokomotor, kata non berarti tidak. Berarti gerakan tersebut adalah gerakan yang tidak berpindah tempat. Nonlokomotor termasuk gerakan yang tanpa menggunakan benda di luar tubuh.

Dalam permainan bola basket, benda yang di luar tubuh kan bola basket. Berarti gerakan yang ditanya adalah gerakan yang tidak menggunakan bola dan tidak berpindah tempat.

Memantulkan bola, berarti mengunakan bola, berarti bukan. Sehingga jawaban A salah.

Menekuk lutut, berarti tidak menggunakan bola, dan tidak berpindah tempat karena lutut kaki cuma ditekuk, posisi kita tetap. Nah berarti jawaban yang benar adalah B.

Sedangkan mengoper bola, pakai bola, makanya jawaban C salah. Begitupun menangkap bola, juga menggunakan bola, sedangkan yang ditanya yang tidak menggunakan bola dan tidak berpindah tempat, makanya D juga salah.

Kunci Jawaban

Contoh gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket adalah

(B) menekuk lutut, sebab gerakan menekuk lutut tidak menyebabkan berpindah tempat, dan tidak menggunakan bola. Lutut cuma ditekuk, posisi kita tetap, dan juga tidak menggunakan benda di luar tubuh seperti bola, makanya gerakan ini adalah gerakan Nonlokomotor.

Jawaban telah diverifikasi BENAR.

Lihat Foto

AFP/ARIS MESSINIS

Pebasket Amerika Serikat Kevin Durant tampil ketika timnya takluk dari Perancis pada laga pertama Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Jepang, Minggu (25/7/2021) malam WIB.

KOMPAS.com – Bola basket adalah jenis permainan bola besar yang di dalamnya terdapat berbagai macam gerakan. Berikut adalah contoh gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bola basket.

Dikutip dari Bobo.Grid.id, gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat. Dalam gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat.

Contoh gerak lokomotor adalah berlari, melompat, dan memanjat.

Sementara itu, gerak non-lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat. Artinya, bagian tubuh tertentu melakukan gerakan tetapi posisi tubuh tetap berada di tempatnya.

Contoh gerak non-lokomotor adalah memutar, menggeleng, membungkuk, dan mengayun.

Adapun, gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek atau benda. Gerak manipulatif juga bisa melibatkan suatu alat.

Contoh gerak manipulatif dalam olahraga adalah menangkap, melempar, memukul, dan memantulkan bola.

Baca juga: Hukuman Kesalahan Saat Dribble Bola Basket

Contoh gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif

Lihat Foto

Dok. Perbasi

Pemain timnas bola basket putra 3×3 Indonesia saat bertanding di ajang FIBA 3X3 World Cup di Hungaria.

Ketika bermain bola basket, seseorang akan melakukan gerak lokomotor, non-lokomotor, dan juga manipulatif.

Sebagai contoh adalah gerakan dribbling atau menggiring bola. Menggiring bola pada permainan bola basket termasuk gerakan lokomotor dan manipulatif.

Leave a Comment