Apa saja yang termasuk gerak manipulatif?

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya – Apakah yang di maksud dengan Gerak Manipulatif ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gerak manipulatif adalah suatu gerak yang menggunakan perlengkapan ataupun gerak yang dibesarkan di kala anak sedang memahami berbagai objek. Gerak manipulatif yakni suatu keahlian gerak sebagai mana lebih banyak mengaitkan tangan serta kaki.

Bagian berkembang yang lain juga dierbolehkan untuk digunakan pada saat melaksanakan gerakan ini. Keahlian gerak manipulatif sangat diurlukan ketika sedang masa pertumbuhan, sebab hal ini dapat menopang kebutuhan gerak pada usia kanak- kanak.

Pengertian Kata ‘Manipulatif’ yang terdapat dalam KBBI: yaitu bersifat manipulasi, secara manipulasi. Sedangkan kata ‘Manipulasi’ yang terdapat dalam KBBI yaitu suatu tindakan dalam mengerjakan sesuatu dengan menggunakan tangan atau alat-alat mekanis yang dilakukan secara terampil.

Menurut pendaat dari Sujiono (2007 : 12.4) ia mengatakan bahwa gerak manipulatif yaitu suatu aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan tubuh yang mana menggunakan bantuan alat.

Sedangkan menurut pendapat dari Pramono Dkk (2010:9) ia menyatakan bahwa gerak Manipulatif yaitu sebuah gerak dalam memainkan benda atau alat tertentu misalnya seperti, bola, raket, atau kayu pemukul. Contoh melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantul-mantulkan bola, melambungkan.

Manipulatif yakni suatu keahlian gerak dalam lingkungan yang dilewati oleh tiap anak sepanjang masa dan perkembangannya. Maka dari itu, anak yang sedang dalam masa perkembangan atau pertumbuhan sangat membutuhkan kotrol yang terstruktur dari orang yang sudah berusia.

Pertumbuhan gerak manipulatif adalah salah satu keahlian memanipulasi obyek sembari bergerak. Keahlian dalam melontarkan dan menangkap meruapkan salah satu keahlian dalam manipulatif yang sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan.

Karena dalam keahlian ini dapat menopang oleh kebutuhan gerak untuk usia kanak- kanak. Terdaat juga keahlian yang lain seperti menendang, menggiring, dan memukul( smash) bola dierlukan pada umur anak muda dan yang berusia.

Keahlian manipulatif terbagai atas 3 bagian, yaitu:

  • Menjauhkan obyek: melontarkan, memukul, menendang.
  • Menaikkan kemampuan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: bawa, memantul- mantulkan( dribbling).

Contoh Gerak Manipulatif

Ada sebagian contoh yang termasuk dalam gerak manipulatif, yaitu melontarkan, memukul, menendang, menangkap, dan memantulkan maupun menggiringi bola. Mari kita bahas satu per satu contoh gerakan ini:

Contoh gerak manipulatif yang pertama adalah melempar. Secara sederhana, melempar juga dapat dimaksud dengan sesuatu keahlian manipulatif yang mana satu ataupun 2 tangan digunakan untuk melemarkan sesuatu objek menghindari badan ke ruang tertentu.

Objek yang dipegang akan diayunkan ke arah tertentu, dan selanjutnya dilemparkan. Gerakan melempar ini membutuhkan kekuatan lengan dan tangan, dengan koordinasi sebagian faktor gerakan, seperti lengan dengan jari yang wajib membebaskan barang yang dipegangnya pada saat yang pas.

Tak hanya melempar, contoh dari gerak manipulatif selanjutnya adalah memukul. Sederhadanya, memukul juga dapat diartikan dengan suatu aksi yang dicoba dengan menggunakan satu ataupun 2 tangan maupun menggunakan perlengkapan untuk menambah energi dorongan kepada sesuatu objek.

Gerak manipulatif memukul sering dilatih dengan menggunakan barang bergerak, misalnya seperti menggunakan bola. Bola ini nantinya akan dipukul dengan dengan menggunakan perlengkapan pemukul ( tongkat). Kemampuan gerakan ini sangat diperlukan dalam melakaukan permainan kasti.

Contoh dari gerak manipulatif selanjutnya yaitu menendang. Sederhanya, menendang adalah suatu gerak manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul obyek. Gerakan menendang bisa dilakukan dengan menggunakan 2 wujud, yang merupakan menendang obyek yang berada di tanah dan menendang obyek yang berada di bawah.

Tidak hanya menangkap, contoh gerak manipulatif yang lain merupakan menangkap. Sederhananya, menangkap juga dapat diartiken dengan gerakan menghentikan momentum dalam suatu obyek dengan menggunakan tangan. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh keahlian visual untuk mengetahui gerakan suatu obyek.

Contoh dari gerak manipulatif selanjutnya adalah menggiring. Sederhananya, menggiring juga dapat diartikan dengan gerakan membawa obyek dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan tangan ataupun kaki. Gerakan ini juga membutuhkan koordinasi yang baik antara mata dan juga kaki ataupun mata dan juga tangan.

Contohnya yaitu pada saat bermain sepak bola menggiring dilakukan dengan menggunakan kaki, sebaliknya dengan permainan bola basket yang menggiring bola dengan menggunakan tangan dengan metode dipantulkan ke lantai. Jadi, memantul pula tercantum gerakan manipulatif.

Contoh deari gerak manipulatif yang terakhir yaitu dengan menggelindingkan obyek. Jadi, jika obyek hendak dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara digelindingkan di tanah ataupun bisa juga lantai ke arah tertentu. Obyek yang serung untuk digunakan biasanya berupa bundaran, semacam ban, cakram, bola, dan lain sebagainya.

Cara melatih gerakan manipulatif

Cara agar anak mempunyai dalam kemampuan untuk melakukan berbagai gerak manipulatif adalah dengan cara mengajaknya anak untuk bermain sesering mungkin. Lakukan permainan yang melibatkan kerjasama atau koordinasi antaranggota tubuh.

Berikut ini beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan gerak manipulatif pada anak.

1. Latihan melempar

Dalam taha latihan melempar, Anda dapat menggunakan dengan permainan sederhana untuk anak dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Batasi suatu area dengan mengguanakan garis di tengah.
  • Instruksikan anak agar berdiri beberapa meter dari belakang garis.
  • Dengan mengguanakan bola atau benda lain, Anda dapat minta anak untuk melempar benda tersebut.
  • Dengan acuan benda tersebut harus bisa melewati garis barang siapa yang melempar terjauh keluar maka di anggap sebagai pemenang.
  • Kegiatan dapat dilakukan menjadi lebih menyenangkan untuk anak dengan cara mengubah garis pembatas dengan menggunakan gambar laut atau api, serta objek yang dilempar merupakan boneka binatang dengan kisah seolah-olah anak tersebut dapat membantu binatang tersebut menyebrang agar tidak tenggelam atau terkena api.

2. Latihan menendang

Latihan menendang juga bisa Anda lakukan dengan melatih gerak dasar manipulatif. Berikut adalah cara sederhananya:

  • Sebelumnya anda perlu menentukan titik untuk meletakkan bola, biasanya titik tersebut berada beberapa meter dari tembok.
  • Anak dapat latihan menendang bola dari titik tersebut secara berulang-ulang namun dilakukan dengan bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  • Anda juga dapat dengan memasangkan tali pada ketinggian tertentu, dan bermain bersama anak dengan berusaha untuk menendang bola melewati kolong tali atau dengan menendang ke atas melewati rentangan tali.

3. Bowling sederhana

Bowling juga dapat membantu untuk melatih lemparan dan bidikan anak dalam gerakan dasar manipulatif. Agar daat melakukannya, Anda dapat memakai alat-alat yang sederhana di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda dapat menggunakan botol air mineral maupun botol soda dengan ukuran 1,5 liter yang kosong selanjutnya susun layaknya seperti pin bowling.
  • Biarkan anak untuk melemparkan bola yang ada di rumah ke arah susunan botol tersebut.
  • Agar dapat menambah keseruan, setiap anak yang berhasil menjatuhkan “pin” botol tersebut, Anda bisa menggantinya dengan mengguanakan botol yang lebih kecil dan mengisinya dengan pemberat seperti air sehingga akan lebih sulit untuk dijatuhkan.

Melatih gerakan manipulatif meruakan salah satu hal penting untuk anak selama masa tumbuh kembang sehingga si anak ini dapat melakukan gerakan spesifik, terlebih lagi dalam olahraga. Bila Anda merasa anak terlambat untuk kemampuan dalam menguasai gerakan ini, Anda perlu konsultasikan pada dokter ahli tumbuh kembang agar mendapatkan solusi.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Gerak Manipulatif , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

3 menit

Sahabat 99, nyaris setiap kegiatan manusia tidak terlepas dari beragam gerak manipulatif. Jika belum tahu apa itu gerak manipulatif, ketahui pengertian dan contoh gerak manipulatif lewat ulasan berikut ini!

Sebelumnya, Sahabat 99 sempat mengenal lebih jauh soal apa itu gerak lokomotor dan non-lokomotor.

Masih ada satu jenis gerak lagi yang penting untuk Sahabat 99 ketahui.

Gerak tersebut adalah gerak manipulatif.

Sama seperti dua jenis gerak lainnya, contoh gerak manipulatif ini kerap ditemukan dalam kegiatan sehari-hari.

Jadi, kira-kira apa itu sebenarnya gerak manipulatif?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Gerak Manipulatif

sumber: japantimes.co.jp

Mengutip dari kbbi.kemdikbud.go.id, gerak manipulatif memiliki arti gerak menirukan kegiatan seperti menendang, melempar, atau menangkap.

Hal ini membuat jenis gerak ini berbeda dibanding gerak lokomotor dan non-lokomotor.

Bisa dibilang, gerak manipulatif merupakan gerakan menirukan sebuah kegiatan.

Berbeda dengan gerak lokomotor yang merupakan gerak berpindah tempat atau gerak non-lokomotor yang merupakan gerak di tempat.

Oleh karenanya, melakukan gerak manipulatif membutuhkan koordinasi antar anggota tubuh.

Misalkan saja, koordinasi mata dan tangan saat akan menangkap dan melempar bola.

Contoh lainnya adalah adanya kerja sama mata dan kaki saat menendang atau menggiring bola.

Contoh Gerak Manipulatif

Ada beberapa contoh gerak manipulatif yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah contoh-contohnya.

sumber: pexels.com/@pixabay

Menendang adalah jenis gerak yang membutuhkan keterampilan yang kompleks.

Gerakan tersebut memerlukan koordinasi mata dan kaki untuk memukul suatu objek.

Baik atau buruknya koordinasi mata dan kaki akan mempengaruhi arah tembakan atau titik yang dituju.

2. Melempar

sumber: pexels.com/@ron-lach

Jika gerak sebelumnya membutuhkan koordinasi kaki dan mata, gerakan melempar memerlukan koordinasi antara tangan dan mata.

Gerak ini adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks untuk melontarkan sebuah objek menjauhi tubuh ke arah atau ruang tertentu.

Saat mata dan tangan dalam satu irama, objek yang dilemparkan bisa mengarah ke sasaran yang dituju.

3. Menangkap

sumber: pexels.com/@anete-lusina

Menangkap adalah contoh gerak manipulatif lain yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Gerakan ini melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambah kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu atau dua tangan.

Biasanya, gerakannya akan dilakukan saat sebuah objek bergerak mendekat ke tubuh seperti menangkap operan di permainan bola basket.

4. Memukul

sumber: unsplash.com/@ashima_pargal

Memukul menjadi salah satu bagian dari gerakan manipulatif.

Gerakan ini biasanya digunakan untuk menjatuhkan sebuah objek atau menunjukkan daya dorongan pada suatu objek.

Keterampilan ini bisa dilakukan dengan menggunakan tangan dan alat seperti raket dan tongkat.

Gerakan ini sering dilatih dengan memakai benda yang bergerak seperti memukul shuttlecock dengan raket dalam permainan bulu tangkis.

5. Menggiring

sumber: unsplash.com/@frantzou

Terakhir, ada menggiring yang menjadi contoh gerak manipulatif lainnya.

Gerakan satu ini memerlukan konsentrasi tinggi karena dilakukan guna memindahkan objek dengan kaki atau tangan.

Tak hanya itu, gerakannya membutuhkan pengontrolan dan penguasaan yang baik agar bisa menggiring dengan baik.

Hubungan Gerak Manipulatif, Gerak Lokomotor, Gerak Non-Lokomotor

Setelah mengetahui apa itu gerak manipulatif, Sahabat 99 mungkin penasaran terkait hubungan ketiga jenis gerak ini.

Secara umum, kombinasi ketiga jenis gerak dalam sebuah permainan olahraga sangat diperlukan.

Hal tersebut untuk menguasai teknik tertentu dalam permainan olahraga.

Tak heran jika ketiga keterampilan dasar ini menentukan mutu keterampilan seseorang dalam olahraga yang bersifat kecabangan atau spesialisasi.

Beberapa jenis olahraga kecabangan antara lain sepak bola, tenis meja, voli, badminton, dan masih banyak lainnya.

***

Semoga artikel soal gerak manipulatif di atas bermanfaat untuk Sahabat 99.

Cek juga artikel menarik lainnya di situs Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa untuk temukan rekomendasi hunian terbaik hanya di 99.co/id dan Rumah123.com karena kami #PastiBisa dan selalu #AdaBuatKamu!

Bingung cari referensi hunian yang kamu idamkan?

Mungkin kawasan GreenView Srigunting Residence di Deli Serdang bisa jadi referensi tepat untukmu.

Leave a Comment