1. proses penelitian memerlukan 5 unsur utama. tuliskan dan beri masing-masing satu contoh. 2. jelaskan cara mengatasi jika kulit terkena bahan kimia cair 3. tuliskan minimal 5 cabang ilmu biologi dan jelaskan masalah yang dibahas didalamnya 4. untuk mempelajari penyakit flu burung, cabang-cabang biologi apa saja yang berkaitan? jelaskan 5. bagaimana ilmu diluar biologi, seperti fisika, membantu perkembangan biologi, misalnya radiologi?

1. proses penelitian memerlukan 5 unsur utama. tuliskan dan beri masing-masing satu contoh.

2. jelaskan cara mengatasi jika kulit terkena bahan kimia cair

3. tuliskan minimal 5 cabang ilmu biologi dan jelaskan masalah yang dibahas didalamnya

4. untuk mempelajari penyakit flu burung, cabang-cabang biologi apa saja yang berkaitan? jelaskan

5. bagaimana ilmu diluar biologi, seperti fisika, membantu perkembangan biologi, misalnya radiologi?

 

Jawaban

1. Metode ilmiah adalah langkah sistematis dan logis yang digunakan untuk melakukan sebuah penelitian. Unsur utama dalam metode ilmiah adalah merumuskan masalah, menuliskan hipotesis, menuliskan variabel penelitian, menuliskan prosedur penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Contoh dalam metode ilmiah adalah: – Rumusan masalah: Bagaimana pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap pertumbuhan biji kacang hijau? – Hipotesis, Ha: intensitas cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. H0: intensitas cahaya matahari tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. – Variabel, variabel bebas: intensitas cahaya matahari (tempat gelap dan tempat terang), variabe terikat: pertumbuhan biji kacang hijau (tinggi batang, jumlah daun), variabel kontrol: usia biji kacang hijau, media tanam (tanah) intensitas penyiraman, volume penyiraman. – Prosedur kerja, alat: 2 pot, cetok, label, bolpoin, bahan: tanah, air, biji kacang hijau. Cara kerja: rendam kacang hijau pada air selama 2 menit, beri label pada pot (tempat gelap, dan tempat terang), tanah ke dalam pot, tanam biji kacang hijau dengan jumlah yang sama, pot dengan label terang diletakkan ditempat terang dan pot dengan label gelap diletakkan ditempat gelap. Amati pertumbuhan dalam waktu 7 hari. Amati setiap perubaham yang terjadi setiap hari, tulis hasil pengamatan. – Menuliskan data hasil pengamatan, berisi tabel dengan isi tanggal pengamatan, pot tempat terang dan tempat gelap, kondisi tanaman seperti tinggi batang, jumlah daun, kesegaran tanaman. – Menganalisis data hasil pengamatan – Menuliskan kesimpulan, Intensitas cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. – Mengkomunikasikan hasil penelitian.

 

2. Keselamatan kerja di laboratorium sangatlah penting untuk dilakukan. Keselamatan kerja dapat dilakukan dengan menggunakan jas laboratorium, sarung tangan, masker dan kacamata lanoratorium. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Zat kimia cair dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau jika terkena mata dapat mengalami kebutaan. Apabila seseorang terkena zat kimia cair pada kulitnya maka hal yang harus dilakukan adalah menyiram kulit yang terkena zat kimia tersebut dengan air mengalir, apabila terkena zat yang bersifat asam pekat maka dapat diguyur dengan larutan soda kue 5%. Apabila terkena zat yang bersifat basa pekat maka dapat disiram dengan air mengalir dan diguyur dengan cuka dapur. Lalu setelah itu kulitnya dapat diolesi dengan petrolium jelly atau dengan obat luka bakar lalu bawa ke dokter.

 

3. Lima cabang ilmu biologi diantaranya adalah – Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel, permasalahan dalam cabang ilmu ini misalnya sel kanker, sel tumor, pembuatan insulin – Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan. Permasalahan dalam cabang ilmu ini misalnya perbanyakan pada tumbuhan dengan kultur jaringan, memperbaiki kulit dengan stem cell. – Anatomi dan fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh dan fungsi faal organ tubuh. Permasalahan yang dapat dikaji adalah kelainan-kelainan organ pada tubuh – Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Permasalahan yang dapat dikaji adalah permasalaham polusi udara, polusi tanah, hingga polusi air. – Bakteriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri. Kajian permasalahan dalam caba

 

4. Penyakit flu burung yang menyerang unggas adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus flu burung (H5N1). Penanganan wabah penyakit akibat dari virus dapat dipelajari dalam ilmu virologi atau ilmu yang mempelajari tentang virus. Selain itu wabah penyakit tersebut juga dapat dibantu penanganannya dengan ilmu ornitologi, patologi hewan, hygine dan sanitasi. 5. Radiologi adalah ilmu dalam bidang kedokteran yang dapat melihat struktur dan susunan tubuh melalui pancaran radiasi gelombang. Ilmu ini dapat mendukung ilmu biologi misalnya dengan memanfaatkan radiasi gelombang. Radiasi gelombang ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker yang dikenal dengan nama terapi radiasi (radioterapi). Selain itu, radiasi gelombang juga dapat digunakan untuk rontgen dan sterilisasi alat-alat keperluan operasi.

 

 

Leave a Comment